Scroll to Top

Timnas Indonesia: Alasan Nil Turunkan Beukering, Bukan Bepe!

By Agus Prasetyo / Published on Monday, 03 Dec 2012

Dalam laga terakhir Timnas Indonesia menghadapi Malaysia, Nil Maizar sempat melakukan sebuah keputusan berani dengan memasukan pemain naturalisasi Jhonny Van Beukering di pertengahan babak kedua.

Ketika itu kondisi Timnas Indonesia sedang tertinggal 0-2 dari Malaysia, Nil Maizar pun menurunkan Jhonny Van Beukering sebagai striker untuk menggantikan Samsul Arif.

Banyak pihak yang mempertanyakan strategi yang dilakukan Nil Maizar ini, mengingat di bangku cadangan masih ada satu nama striker yang paling berpengalaman, Bambang Pamungkas.

Ketika dimintai konfirmasinya, Nil Maizar pun coba untuk memberikan penjelasan tentang keputusan yang diambilnya tersebut.

Nil Maizar tidak menampik bahwa Bambang Pamungkas adalah striker berbahaya yang sudah berpengalaman di skuad Timnas Indonesia AFF Cup 2012 ini.

Tetapi menurut Nil, sosok Beukering yang saat itu sedang dibutuhkan oleh Timnas Indonesia untuk mendobrak pertahanan Harimau Malaya.

“Bambang pemain bagus, tetapi Beukering pemain yang dibutuhkan untuk bisa mendobrak pertahanan lawan” ungkap Nil Maizar di hadapan para wartawan, Sabtu 1 Desember 2012.

Selain keputusan menurunkan Beukering, mantan pelatih Semen Padang itu juga menjelaskan keputusannya untuk menempatkan Raphael Maitimo sebagai bek tengah.

“Tidak ada pilihan lain, Wahyu Wijiasnanto terkena akumulasi dan Handi tidak bisa dimainkan. Jadi Raphael harus bermain sebagai bek tengah. Saya rasa penampilannya cukup baik, dia sendiri sudah terbiasa bermain sebagai gelandang bertahan” tegas Nil.

Nil Maizar juga sedikit menjelaskan dengan keputusannya membangku cadangkan Andik Vermansyah, dan memilih Elie Aiboy untuk turun lebih awal.

“Saya juga ingin memaksimalkan potensi Elie Aiboy, kepemimpinan serta pengalaman di lapangan. Kami sudah berbicara dengan Andik tentang keputusan ini” tambah Nil Maizar seperti yang dilansir Bola.

Namun sayangnya, strategi itu masih tidak efektif untuk menahan gempuran tuan rumah Malaysia.

Timnas Indonesia pun harus tersingkir dari Piala AFF Cup 2012, karena dari grup B menempatkan Singapura dan Malaysia sebagai tim yang lebih berhak maju ke Semfinal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda