Scroll to Top

iMac 2012 Dibongkar iFixit, Sangat Sulit Diperbaiki Jika Rusak

By Ditya / Published on Monday, 03 Dec 2012

iMac 2012 iFixit

Tak lama setelah Apple secara resmi mengumumkan penjualan iMac generasi 2012 yang mengusung desain super tipis, iFixit melakukan pembongkaran terhadap iMac 2012. Menurut iFixit, iMac generasi 2012 ini sangat sulit diperbaiki jika rusak.

iFixit memang situs yang terkenal sering melakukan teardown atau membongkar gadget terbaru yang populer untuk menilai sejauh mana gadget tersebut dapat diperbaiki atau mengukur repairability sebuah gadget.

Sebelumnya iFixit telah membongkar iPad Mini, iPad 4, dan Google Nexus 10. Nexus 10 dinilai mudah dibongkar dan diperbaiki, sedangkan iPad Mini dan iPad 4 dinilai sulit dibongkar dan diperbaiki. Kini iFixit membongkar iMac generasi 2012 yang ternyata sama dengan iPad Mini dan iPad 4, yakni sulit diperbaiki jika rusak.

iFixit hanya memberi skor repairability 3 dari maksimal 10 poin untuk iMac 2012. Sebagai perbandingan, Mac Mini meraih skor repairability 8 dari 10 poin maksimal yang berarti Mac Mini masuk kategori mudah diperbaiki jika rusak.

iMac sendiri adalah komputer dengan kateogi AIO PC (All In One Personal Computer) yang memang lebih sulit dibongkar daripada komputer desktop biasa, karena AIO PC memiliki ruang yang lebih sempit.

iFixit mengatakan bahwa Apple iMac 2012 ini sangat sulit dibongkar dan memerlukan peralatan yang lengkap jika ingin membongkar iMac generasi terbaru ini. Hal yang paring disorot oleh iFixit adalah sulitnya melepas LCD iMac 2012 ini, karena Apple menggunakan perekat yang cukup kuat, sehingga iFixit harus menggunakan heatgun untuk melepas perekal LCD iMac 2012.

Seperti yang dilansir dari ZDnet (02/12/2012), iMac 2012 ini menawarkan desain yang super tipis dengan mengorbankan sisi repairability. Tak hanya itu, iMac 2012 ini juga menggunakan komponen laptop dan bukan komponen komputer desktop. Hal ini terlihat dri komponen yang dipakai iMac 2012, yakni hardisk 2,5 inci serta prosesor dan grafis kelas mobile.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda