Scroll to Top

Facebook Berencana Buat Game Sendiri?

By Ibnu Azis / Published on Monday, 03 Dec 2012

Facebook Security

Facebook ditengarai sedang mengembangkan game-nya sendiri. Dugaan ini terkait dengan revisi kontrak Zynga yang telah diajukan ke SEC (U.S. Securities and Exchange Commission) atau Komisi Sekuritas dan Bursa Saham AS.

Revisi kontrak dengan Facebook ini masih terkait dengan kondisi yang ‘tidak sehat’ dalam tubuh Zynga. Kondisi ini bisa dilihat dari kebijakan PHK yang dilakukan beberapa waktu yang lalu.

Kontrak Zynga sendiri dengan Facebook terkait dengan keekslusifan game serta penggunaan Facebook Credit. Namun ternyata kontrak tersebut telah direvisi dengan perubahan istilah yang telah diajukan ke SEC.

Salah satu bunyi kontrak baru tersebut adalah jika Facebook tidak akan lagi dilarang mengembangkan permaianannya sendiri mulai 31 Maret 2013. Dengan revisi ini mungkinkah Facebook berencana membuat game mereka sendiri?

Secara teoritis ya namun jika Facebook melakukannya maka akan membahayakan hubungan dengan para pengembang. Mereka sangat loyal membuat game untuk jejaring sosial semiliar umat tersebut.

Facebook pun membantah dugaan rencana ini. Mereka akan fokus pada platform aplikasi serta game yang dibangun pengembang.

“Kami tidak dalam bisnis membangun game dan kami tidak memiliki rencana untuk itu. Kami fokus pada platform aplikasi dan game dari developer,” ujar salah satu juru bicara Facebook.

Laman AllThingsD menulis jika revisi kontrak ini sejatinya bisa dijadikan Facebook sebagai langkah awal untuk mengurangi ketergantungan game dari developer.  Pada Zynga misalnya yang selama ini memang memasok permainan-permainan populer ke Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda