Scroll to Top

Intel Akan Pangkas Konsumsi Daya Prosesor Ivy Bridge Generasi Mendatang

By Ditya / Published on Monday, 03 Dec 2012

CEO Intel

Intel dikabarkan akan memangkas konsumsi daya pada prosesor Ivy Bridge generasi mendatang. Produsen prosesor x86 terbesar itu mengungkapkan bahwa beberapa klien Intel menginginkan prosesor dengan konsumsi daya yang lebih efisien dari prosesor Intel Ivy Bridge yang ada saat ini.

Sebagian besar prosesor intel Ivy Bridge seri ULV (Ultra-Low Voltage) yang digunakan pada jajaran produk ultrabook dan Apple MacBook Air menkonsumsi daya 17W. Banyak pihak yang menilai bahwa konsumsi daya sebesar 17W ini masih kurang rendah untuk diaplikasikan pada tablet seperti Surface.

Seperti yang diumumkan Microsoft melalui akun Twitter @Surface yang mengungkapkan bahwa Surface Pro yang ditenagai oleh Intel Ivy Bridge Core i5 ini kemampuan daya tahan baterainya hanya setengah dari Surface RT. Padahal, kapasitas baterai Surface Pro 33% lebih besar ketimbang kapasitas baterai tablet Surface RT.

Intel sebenarnya memiliki produk yang lebih efisien dibanding Core i5 ivy Bridge ULV yang ada saat ini, yakni prosesor Intel Atom Z2760 yang digunakan pada tablet HP Envy Z2760 dan Samsung ATIV Smart PC. Sayangnya, kinerja prosesor Intel Atom Z2760 ini jauh dibawah kinerja prosesor Intel Core i5 Ivy Bridge ULV.

Intel dikabarkan akan memangkan konsumsi daya pada prosesor generasi mendatang, yakni Haswell. Produsen prosesor x86 terbesar ini mengatakan bahwa prosesor Haswell nantinya hanya mengkonsumsi daya sekitar 10 W, atau 41% lebih kecil dari prosesor Intel Ivy Bridge.

ARM yang merupakan pesaing kuat Intel di pasar ultra-mobile computing saat ini masih unggul soal konsumsi dan efisiensi daya. Namun, Intel memiliki kelebihan pada kinerja yang lebih tinggi dibanding prosesor berbasis ARM.

Seperti yang dilansir dari CNET (03/12/2012), Haswell akan menjadi senjata Intel dengan mengandalkan konsumsi daya yang lebih efisien dan menawarkan kinerja yang lebih baik dibanding prosesor Ivy Bridge yang ada saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda