Scroll to Top

Teknologi Dual Grafis Ramaikan Pasar Notebook Tanah Air

By Ditya / Published on Monday, 03 Dec 2012

Samsung ultrathin

Notebook dengan kemampuan dual grafis mulai merambah pasar tanah air. Hal ini diawali dengan masuknya notebook ultrathin berbasis AMD dari Samsung, yakni Samsung 535U4X yang memiliki 2 GPU (Graphics Processing Unit).

Sebenarnya, teknologi dual grafis bukanlah teknologi baru di dunia notebook. Teknologi dual grafis berbasis Nvidia SLI atau AMD CrossFire telah lama disematkan di jajaran notebook gaming kelas atas.

Teknologi dual grafis yang kini ditawarkan oleh notebook Samsung 535U4X ini adalah hadirnya 2 pemroses grafis atau GPU yang dapat dijalankan secara bersamaan atau dijalankan salah satu saja. Teknologi ini mirip Hybrid CrossFire yang pernah ditawarkan oleh AMD di pasar desktop dengan menggabungkan grafis onboard dengan kartu grafis tambahan.

Notebook Samsung 535U4X ini ditenagai oleh prosesor AMD APU (Accelerated Processing Unit) A8-4555M quad-core dengan kecepatan 1,6GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB DDR3 dan hardisk dengan kapasitas 1TB.

Grafis pada notebook Samsung 535U4X ini ada dua, yakni Radeon HD 7600G yang merupakan grafis yang terintegrasi pada prosesor APU A8-4555M dan grafis Radeon HD 7550M yang merupakan kartu grafis tambahan.

Saat pengguna tidak menjalankan game atau aplikasi berat, pengguna dapat mengaktifkan grafis Radeon 7600G saja untuk menghemat daya. Ketika pengguna akan bermain game, pengguna dapat mengaktifkan Radeon HD 7550M dan HD 7600G secara bersamaan untuk menghasilkan pengalaman gaming yang lebih bertenaga.

“Dual grafis merupakan jawaban atas kebutuhan layar yang bisa menampilkan grafis secara superior. Kolaborasi dengan AMD dalam menghasilkan produk terbaru ini, menaikan penjualan produk sekitar 22,9 persen atau yang tertinggi yang dicapai selama ini,” kata Kartono Haryono, Head of Marketing PT Samsung Elektronik Indonesia (SEIN), seperti yang dilansir dari AntaraNews (02/12/2012).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda