Scroll to Top

14 Pemain Barcelona Memperkuat Spanyol? Mungkin-Mungkin Saja

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 04 Dec 2012

14 Pemain Barcelona Memperkuat Spanyol? Mungkin-Mungkin Saja

Pelatih timnas Spanyol, Vicente Del Bosque, menyebutkan bahwa ia mungkin-mungkin saja akan memanggil 14 pemain Barcelona untuk mengisi skuad La Furia Roja. Del Bosque juga menyambut hangat masuknya nama Andres Iniesta ke dalam tiga besar nominator Ballon d’Or 2012. Menurut mantan pelatih Real Madrid, Iniesta adalah representasi paling tepat dari timnas Spanyol saat ini.

Menjuarai Euro dua kali (2008 dan 2012) plus memenangi Piala Dunia 2010. Dalam beberapa tahun terakhir, tak salah jika menyebutkan bahwa Spanyol adalah penguasa dunia sepakbola. Bahkan, para pemain mereka menjadi kunci keberhasilan klub-klub elite dunia. Namun, bukan berarti La Roja tak tersentuh. Vicente Del Bosque, sang pelatih, menyebutkan bahwa jika organisasi permainan Spanyol bermasalah, hasil buruk akan menimpa skuadnya.

“Ketika Spanyol tampil kurang terorganisasi, seperti pada babak kedua melawan Prancis (di kualifikasi Piala Dunia 2014), kami kesulitan. Spanyol tidak tangguh jika tidak padu,” jelasnya kepada Marca.

Dari sekian pemain bintang yang membawa Spanyol menjuarai Euro 2012, hanya ada Andres Iniesta yang masuk ke dalam nominasi 3 besar Ballon d’Or. Bagi Del Bosque, kedudukan gelandang serang Barcelona tersebut begitu istimewa. Don Andres merepresentasikan seluruh skuad La Furia Roja dalam ajang pemilihan pemain terbaik dunia tersebut.

Dan, berbicara Spanyol, pasti berbicara pula tentang Barcelona. Tak bisa dipungkiri, para pemain Barca menjadi kerangka penting bagi skuad Vicente Del Bosque. Sang pelatih sendiri, mengakui hal ini. Bahkan ia tidak segan andai suatu saat nanti memanggil 14 pemain Barca untuk La Furia Roja.

“Saya memanggil delapan pemain Barcelona untuk menghadapi Panama (dalam ujicoba terakhir Spanyol). (Tapi, ini belum lengkap). Masih ada Puyol, Pique, Xavi, dan Thiago yang tak dimasukkan. (Cristian Tello) yang tinggal selangkah lagi, juga tidak hadir di sana. Dan, lihatlah bagaimana (Gerard) Deulofeu mencuri perhatian. Jika Spanyol memmbutuhkan 14 pemain Barcelona sekaligus karena para pemain ini layak dipanggil, saya akan melakukannya. (Tak boleh dilupakan) Real Madrid juga merupakan basis pemain Spanyol pada saat ini,” tutup Del Bosque.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda