Scroll to Top

Timnas Indonesia Lanjutkan Tradisi Puasa Gelar

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 04 Dec 2012

Perjuangan skuad Timnas Indonesia sudah berakhir di ajang AFF Cup 2012 tahun ini. Kekalahan 0-2 dari Malaysia dipartai pamungkas, membuat Irfan Bachdim Cs harus mengubur ambisi mereka menjadi yang terbaik di pentas sepakbola Asia Tenggara hingga 2 tahun ke depan.

Dengan kekalahan ini, membuat Timnas Indonesia harus terus mempertahankan tradisi puasa gelar sejak Piala AFF atau dahulu yang bernama Piala Tiger di gelar.

Khusus untuk kegagalan tahun ini, Timnas Indonesia bernasib sama seperti pada Piala AFF Cup 2007 di Singapura.

Saat itu Timnas Indonesia gagal melangkah ke babak semifinal, setelah kalah selisih gol dari Singapura dan Vietnam yang sama-sama mengoleksi lima poin.

Namun menurut catatatan, hasil di Piala AFF 2012 ini menjadi penampilan yang paling tidak maksimal sepanjang keikutsertaan Timnas Indonesia di turnamen Piala AFF.

Ini adalah AFF Cup pertama, dimana Timnas Indonesia hanya meraih empat poin di babak grup, ditambah dengan jumlah gol yang minim yakni 3 gol dan 4 kebobolan.

Timnas juga meraih rekor buruk di laga pertama Grup B, ketika ditahan imbang Laos 2-2. Ini juga kali pertama Indonesia gagal mengalahkan Laos di ajang Piala AFF Cup.

Namun jika kita objektif, tidak semua hasil buruk diraih oleh Timnas Indonesia yang diarsiteki Nil Maizar.

Andik Vermansyah

Pasalnya Timnas Indonesia untuk pertama kali mampu mengalahkan Singapura dengan skor 1-0, dalam lima pertemuan terakhir di Piala AFF Cup.

Hanya saja tidak dapat dipungkiri, kegagalan di Piala AFF 2012 membuat Timnas Indonesia kembali harus memendam ambisi menjadi yang terbaik di pentas Asia Tenggara.

Sejak Piala AFF digelar pada 1996 (dulu Piala Tiger), hingga kini prestasi terbaik Indonesia yakni runner up sebanyak empat kali: 2000, 2002, 2004 dan 2010.

Sedangkan terakhir kali Indonesia berjaya di pentas Asia Tenggara, adalah ketika meraih medali emas SEA Games 1991 di Filipina.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda