Scroll to Top

iTunes Store Akhirnya Hadir di Indonesia

By Ditya / Published on Tuesday, 04 Dec 2012

iTunes Store

Setelah membuka iTunes Store di Rusia, kini Apple telah resmi membuka iTunes Store di Indonesia dan India. Kini pengguna produk Apple Indonesia akhirnya dapat membeli lagu dan film di iTunes Store.

Apple secara resmi mengumumkan peluncuran iTunes Store di 56 negara, termasuk India dan Indonesia. Saat ini konten film dan lagu telah tersedia di iTunes Store India, Indonesia, Rusia, dan Turki. Sayangnya, iTunes Store Indonesia belum melayani penjualan buku elektronik.

Apple awalnya ragu untuk membawa iTunes Store ke pasar Indonesia mengingat angka pembajakan sangat tinggi. Namun, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini tampaknya mulai yakni bahwa Indonesia adalah pasar yang potensial.

Apple sendiri dikabarkan telah mempersiapkan peluncuran iTunes Store di Indonesia sejak Juni. Sedangkan iTunes Store di India masih menggunakan model reseller mengingat undang-undang yang berlaku di negara India cukup ketat.

Apple iTunes Store menawarkan harga yang cukup murah untuk lagu dan nada dering, yakni berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 7000. Sedangkan untuk harga satu album lagu atau musik dijual dengan harga kisaran Rp 45.000 hingga Rp 65.000.

Tak hanya lagu dan nada dering saja yang ditawarkan oleh iTunes Store, tapi juga menawarkan film. Harga yang ditawarkan untuk mendownload film juga tak terlalu mahal. Sebuah film The Raid kualitas HD dibandrol dengan harga Rp 149.000.

Perusahaan berlogo buah Apel ini dikabarkan telah siap untuk membangun ekosistem yang akan diisi olek konten lokal sesuai dengan negara masing-masing untuk menarik perhatian konsumen.

Seperti yang dilansir dari TheNextWeb (03/12/2012) dan Kompas, hadirnya iTunes Store di Indonesia ini memang agak terlambat jika dibandingkan dengan negara tetangganya, seperti Brunei, Filipina, Kamboja, Laos, dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda