Scroll to Top

Kpop Tak Akan Bisa Mendunia Tanpa YouTube

By Ika / Published on Tuesday, 04 Dec 2012

Konser SMTOWN

Kpop mewarnai industri musik internasional sejak beberapa tahun terakhir, dan hampir seluruh orang di dunia sudah mengenal Kpop sebagai salah satu genre musik. Sejumlah idol grup dianggap berperan besar dalam memperkenalkan Kpop, namun mungkin YouTube adalah ‘pahlawan’ sesungguhnya hingga Kpop bisa mendunia seperti sekarang.

Tak bisa dipungkiri, keberadaan YouTube memang punya peran besar dalam meningkatkan poopularitas seseorang. Korea Selatan pun akhirnya memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk membawa musik mereka ke ranah internasional.

Hasilnya, cukup luar biasa. Tiga manajemen musik raksasa Korea, SM Entertainment, YG, dan JYP, ketiganya sudah berhasil menuai 2.280.000.000 views di YouTube, tiga kali lebih banyak dari tahun 2010 silam.

SME sendiri adalah manajemen pertama yang membuat channel resmi di YouTube, dan kemudian diikuti oleh YG, JYP, maupun Cube Entertainment. Tanpa kesulitan, mereka pun mempromosikan video Kpop ke seluruh dunia hingga Kpop menjadi salah satu fenomena tersendiri saat ini.

Ada begitu banyak orang yang memanfaatkan YouTube dengan kepentingan yang sama, tapi mengapa hanya Kpop yang bisa mendunia? Pengamat musik menilai bahwa Kpop bisa menyesuaikan musik mereka di banyak negara sekalipun memiliki perbedaan budaya.

Kpop juga berisi banyak hal mulai dari musik, tarian menarik, kualitas video yang bagus, dan penampilan mempesona para musisi Kpop, semua itu mampu memikat kalangan muda usia belasan hingga 20-an, dimana usia-usia ini sangat gemar surfing di internet. Dengan kata lain, Kpop mampu membidik pasar dengan sangat tepat dan akhirnya menuai kejayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda