Scroll to Top

Borussia Dortmund vs Manchester City 1-0: City Juru Kunci Grup D

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 05 Dec 2012

Dortmund vs manchester city 1-0

Manchester City harus menjadi juru kunci Grup D. Membawa beban berat mesti meraih kemenangan untuk meraih tiket ke Europa League, pasukan Roberto Mancini tidak bisa menghindari hasil pertandingan Borussia Dortmund vs Manchester City skor 1-0. Julian Schieber menjadi satu-satunya pencetak skor Dortmund vs City. Hasil Liga Champion yang digelar di Signal-Iduna Park pada Rabu, 5 Desember 2012 ini semakin memperkukuh status Borussia Dortmund sebagai juara grup neraka, Grup D. Sekaligus membuktikan bahwa materi pemain bintang yang menumpuk di Manchester City, tak menjamin satu pun tiket ke babak berikutnya: entah Liga Champions atau Europa League.

Sudah memastikan diri sebagai juara Grup D Liga Champion, pelatih Juergen Klopp merotasi pemain dalam pertandingan Borussia Dortmund vs Manchester City. Trio Polandia: Lukasz Piszczek, Robert Lewandowski dan Jakub ‘Kuba’ Blaszczykowski duduk di bangku cadangan. Sebagai gantinya, ada Julian Schieber dan Ivan Perisic di bagian penyerangan, serta Oliver Kirch di posisi bek kanan. Sebaliknya, tim tamu menurunkan lebih banyak pemain inti. Termasuk duo penyerang Carlos Tevez dan Edin Dzeko.

Pasukan Roberto Mancini yang membutuhkan kemenangan untuk memastikan tiket ke Europa League, kurang trengginas untuk mengincar gol ke gawang Roman Weidenfeller. Demikian pula halnya dengan tuan rumah. Sedikit peluang yang muncul.

Setelah Edin Dzeko melepaskan tembakan yang diamankan oleh kiper tuan rumah di menit 34, giliran Marco Reus yang nyaris membuka skor selang dua menit. Upaya kedua tim di babak pertama masih jauh dari kata memuaskan.

Setelah turun minum, Juergen Klopp melakukan pergantian pemain yang cukup berani. Marco Reus, pemain terbaik di lapangan pada babak pertama, dicopot. Gantinya adalah kapten Polandia, Jakub  Blaszczykowski. Hal yang nantinya akan menjadi nilai plus untuk Dortmund.

Kebuntuan pecah di menit 57. Setelah Joe Hart dua kali menyelamatkan gawang City dalam tempo dua menit, ia tak mampu lagi menahan peluang Dortmund. Kuba yang bergerak di sisi kiri pertahanan City mengirimkan umpan cantik yang tinggal disodorkan saja oleh Julian Schieber. Dan, penyerang asal Jerman tak melakukan kesalahan apa pun. 1-0.

Borussia Dortmund v Manchester City - UEFA Champions League

Roberto Mancini bukannya tak berupaya untuk membawa perubahan bagi timnya. Mario Balotelli dan Sergio Aguero dimasukkan untuk menambah daya gedor serangan. Sementara Pablo Zabaleta pun dikerahkan. Namun, kehadiran para pemain ini tidak bisa mengubah apa pun. Skor 1-0 tetap menjadi milik tuan rumah yang sudah memastikan diri sebagai juara grup sejak matchday 5.

Hasil ini jelas sangat mengecewakan untuk Manchester City. Dalam keikutsertaan mereka di Liga Champion musim ini, The Citizens tak pernah mencatatkan kemenangan. Imbang 3 kali di kandang dan kalah 3 kali pula dalam laga away adalah hasil yang dituai oleh anak asuh Roberto Mancini. Sebuah pelajaran besar bahwa skuad penuh bintang dengan bayaran fantastis, tak menjamin apa pun di Liga Champions.

Dortmund (4-5-1): 1-Weidenfeller; 21-Kirch (32-L. Bittencourt 88′), 27-Felipe Santana, 15-Hummels, 29-Schmelzer; 7-Leitner, 8-Gündogan, 11-Reus (16-Kuba ’46), 19-Grosskreutz, 44-Perišic; 23-Schieber (9-Lewandowski ’77)

Manchester City (4-2-3-1): 1-Hart; 2-Maicon, 4-Kompany, 6-Lescott, 33-Nastasic;  14-Javi García, 18-Barry, 8-Nasri (5-P. Zabaleta 69′),11-Sinclair (16-S. Agüero 57′), 32-Tévez; 10-Džeko (45-M. Balotelli 64′)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda