Scroll to Top

LG akan Buat Chip Prosesor Sendiri untuk Smartphone

By Ditya / Published on Wednesday, 05 Dec 2012

Logo LG

Tak mau kalah dengan saingan senegaranya, LG dikabarkan akan membuat chip prosesor sendiri untuk produk smartphone. Produsen ponsel dan elektronik asal Korea Selatan ini dilaporkan telah merancang chip prosesor secara mandiri.

LG sepertinya tak mau kalah dengan saingan senegaranya dengan memproduksi chip prosesor secara mandiri. LG nantinya akan menjadi produsen chip prosesor fabless atau tanpa pabrik, karena LG hanya merancang chip prosesor kemudian diserahkan pada perusahaan manufaktur untuk memproduksi prosesornya.

Hal yang dilakukan LG dengan memproduksi chip prosesor secara fabless ini bukanlah hal yang baru, karena Apple telah melakukan hal tersebut. Apple merancang chip prosesor seri A yang digunakan pada iPad, iPhone, dan iPod Touch kemudia menggandeng Samsung untk memproduksi chip prosesor rancangannya.

LG sendiri telah berencana untuk meluncurkan prosesor rancangan mereka di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2013 yang dilaksanakan pada bulan Januari 2013. LG dilaporkan memiliki lebih dari 900 desainer chip yang bekerja pada chip yang digunakan pada web-connected TV dan smartphone.

Saat ini LG memang tak memiliki fasilitas yang memadai untuk memproduksi chip rancangannya. Perusahaan pembesut ponsel Optimus ini dikabarkan menggandeng Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) untuk memproduksi chip prosesor rancangannya.

TSMC sendiri adalah perusahaan manufaktur semi konduktor yang berbasis di Taiwan dan telah bekerja sama dengan banyak produsen besar di dunia teknologi informasi, seperti AMD dan Nvidia. TSMC sendiri telah menggunakan proses fabrikasi 28nm yang cukup canggih.

Seperti yang dilansir dari CNET (04/12/2012), dengan memproduksi chip prosesor sendiri, LG akan mengikuti langkah produsen lain seperti Samsung, Apple, dan Huawei yang juga telah menggunakan strategi yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda