Share

Perfect Couples

Kata orang, salah satu ciri jodoh adalah wajah kekasih mirip dengan kita. Anggapan ini ternyata ada benarnya. Sebuah studi yang dilakukan oleh Institut des Sciences de l’Evolution di Montpellier, Prancis, menemukan, bahwa pria cederung tertarik dengan lawan jenis yang memiliki kemiripan dengan wajahnya.

Peneliti melibatkan 100 pria dalam studi ini. Mereka diminta untuk memilih gambar wanita yang dianggapnya paling menarik. Di lain sisi, penelitisebenarnya  telah menyiapkan empat gambar wajah wanita yang berbeda. Salah satu dari empat gambar wajah tersebut telah direkayasa agar ada kemiripan dengan pria yang melihatnya. Seakan-akan, salah satu gambar wanita seperti menjadi cermin dalam diri pria.

Hasilnya di luar perkiraan. Sekali pun mungkin gambar lainnya terlihat lebih cantik, ternyata banyak pria menyukai gambar wanita yang telah dimanipulasi agar mirip dirinya. Ada 37 persen pria yang memilih gambar wajah mirip tersebut.

Sementara itu, peneliti juga melakukan pengamatan pada berbagai foto pasangan yang telah memiliki satu anak. Antara suami dan istri wajahnya diperbandingkan dan dilihat apakah ada persamaannya. Ternyata, ditemukan pula ada kemiripan wajah dari beberapa sampel yang diambil. Kemiripan tersebut dilihat pada beberapa bagian di wajah seperti mata, warna rambut, ketebalan bibir dan alis, dan ada tidaknya lesung  pada dagu.

“Tentu saja, dalam hubungan jangka panjang yang berkelanjutan, (hubungan) didasarkan pada lebih banyak (faktor) dibandingkan (sekadar) penampilan,” kata Jean Hannah Edelstein, pakar hubungan, seperti dikutip Times of India.