Scroll to Top

Diet Berlebihan Bikin Sel Otak “Santap” Dirinya Sendiri

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 16 Aug 2011

Diet ketat berlebihan bukan jalan yang tepat untuk menurunkan berat badan secara sehat. Justru, hal itu hanya akan mengakibatkan sel-sel otak Anda memakan dirinya sendiri. Kondisi makin diperburuk dengan rasa kelaparan yang muncul di sela menjalankan diet. Saat itu, nutrisi yang dapat diserap otak sangat sedikit. Akibatnya, sel otak mencoba mencari alternatif sumber energi lain dengan jalan memakan sesama sel otak. Mengerikan!

Peristiwa yang dinamakan autophagy ini jangan diremehkan. Kondisi ini mengarah pada rendahnya komponen internal sel. Menurut percobaan yang dilakukan pada tikus, autophagy justru tidak terjadi pada tikus yang diberi makan. Kebalikannya, saat tikus dilaparkan, dia merasa tidak lapar tetapi terjadi perubahan kimia di otaknya. Berat badannya terus menurun.

Percobaan ini dilakukan peneliti di Albert Einstein College of Medicine, New York, seperti dilansir Genius Beauty. Mereka percaya, temuan ini bisa dijadikan petunjuk dalam mencari terapi yang efektif untuk diet. Salah caranya, bila berdiet lantas mengabaikan asupan makanan yang berguna untuk nutrisi otak. Membuat diri kelaparan tidak mengintensifkan program diet Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda