Scroll to Top

Barcelona vs Benfica 0-0: Hasil Liga Champion

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 06 Dec 2012

Barcelona vs Benfica 0-0

Menurunkan Lionel Messi sejak menit 58, Barcelona gagal meraih angka penuh dalam pertandingan terakhir mereka di babak penyisihan grup Liga Champions.Mereka hanya bisa memaksakan keadaan imbang lewat hasil pertandingan Barcelona vs Benfica skor 0-0. Tim tamu yang membutuhkan kemenangan untuk lolos, memang terlihat lebih tajam sepanjang babak pertama. Namun, mereka menghamburkan cukup banyak peluang sehingga skor Barca vs Benfica tak sesuai harapan pelatih Jorge Jesus. Sementara itu, Lionel Messi mengalami cedera pada menit 86.

Pelatih Tito Vilanova tidak memainkan Lionel Messi dalam starting XI dan memilih untuk menurunkan beberapa pemain muda dalam pertandingan Barcelona vs Benfica. Mulai dari kehadiran Carles Planas sebagai bek kiri, Sergi Roberto di tengah, dan adik Thiago, Rafinha Alcantara yang berperan sebagai ‘False 9′. Sementara itu, tim tamu juga menyimpan penggedor utama, Oscar Cardozo.

Meskipun Barcelona yang lebih banyak menyerang, Benfica justru mendapatkan peluang yang 99% gol. Umpan terobosan Ola John dimanfaatkan Rodrigo yang datang dari belakang. Sementara para bek Barcelona gagal melakukan jebakan offside, Si Nomor 19 terlalu serakah untuk mencetak gol. Bola yang semestinya masuk, ditembakkan Rodrigo sedikit melebar pada menit 12. Hal yang mungkin melegakan Jose Manuel Pinto.

Menit-menit berikutnya, Benfica melanjutkan ancaman. Mulai dari tandukan Lima menyambut umpan Nolito di menit 22, tembakan pemain yang sama yang cuma membentur tiang di menit 33, dan tendangan Ola John semenit kemudian yang mengenai sisi kiri gawang Barca.

Tuan rumah bukannya tanpa usaha. Cristian Tello kurang tenang di depan gawang Artus Moraes dan upaya Sergi Roberto masih bisa ditanduk oleh Ezequiel Garay di garis gawang pada menit 25. Namun, secara keseluruhan, Barcelona di babak pertama terlihat kurang meyakinkan. Terutama bagian pertahanan, yang kesekian kalinya seperti terlalu mudah ditembus lawan. Skor 0-0 hingga 45 menit jelas menjadi hal buruk bagi Benfica yang kerap menghamburkan peluang.

Tidak ingin kehilangan angka di kandang, Tito Vilanova akhirnya menurunkan sang jagoan Lionel Messi sejak menit 58. Selang delapan menit, jaminan kokohnya lini belakang, Gerard Pique juga masuk menggantikan Adriano. Percobaan lain adalah memasukkan penyerang muda Gerard Deulofeu. Namun, hingga ujung laga, Barca tak bisa berbuat banyak untuk menembus gawang Artur Moraes.

Kesialan justru menimpa King Leo. Pada menit 86, ia mengalami cedera lutut dan harus ditandu keluar lapangan. Barca yang sudah melakukan tiga pergantian pemain pun terpaksa hanya berlaga dengan 10 orang. Skor imbang membuat Barca meraih 13 poin dan semakin memperkukuh status mereka sebagai juara grup. Sementara, Benfica mesti meratap karena cuma berhak meraih tiket Europa League.

Tiket ke 16 besar sudah didapatkan sejak matchday 5. Para pemain muda tampil menjanjikan. Kini, tidak ada yang lebih penting di Camp Nou, selain status cedera Lionel Messi.

Lionel Messi 3

Barcelona (4-3-3): 13-Pinto; 19-Martín Montoya, 5-Puyol, 29-Planas, 21-Adriano Correia (3-Pique ’66); 25-A. Song, 11-Thiago Alcântara, 28-Sergi Roberto; 30-Rafinha (10-Lionel Messi ’58), 7-David Villa, 37-Tello (27-Deulofeu ’79)

Pelatih: Tito Vilanova

Benfica (4-3-3): 1-Artur Moraes; 14-M. Pereira, 4-Luisão, 24-E. Garay, 25-L. Melgarejo; 21-N. Matic, 9-Nolito (8-Bruno César 63′), 89-André Gomes; 11-Lima (7-O. Cardozo 74′), 15-O. John, 19-Rodrigo (34-André Almeida 74′)

Pelatih: Jorge Jesus


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda