Scroll to Top

Penyebab Cake Menjadi Bantet

By C Novita / Published on Thursday, 06 Dec 2012

penyebab cake bantet

Pemula di bidang kuliner kerap mengalami cake buatannya menjadi bantet atau tak mengembang sesuai harapan mereka. Padahal apa yang tertera pada resep telah mereka kerjakan sesuai perintah.

Anda juga pernah mengalami hal tersebut? Penasaran apa yang menyebabkan hal itu terjadi?

Berikut ini adalah beberapa penyebab kue cake menjadi bantet atau bantat:

  • 1. Baking powder atau baking soda

Kedua bahan ini digunakan dalam hampir semua resep cake untuk mengembangkan adonan. Yang menyebabkan kue atau cake bantet adalah jika baking powder atau baking soda telah expired atau telah lama dibuka hingga khasiatnya hilang. Jika Anda ingin melihat apakah baking powder yang telah Anda gunakan sebelumnya masih punya kemampuan mengembangkan adonan atau tidak, caranya mudah. Tuang baking powder dan tepung pada air panas. Apabila muncul gelembung udara, maka baking soda masih baik dan bisa digunakan membuat cake. Jika tidak ada gelembung, maka berarti baking powder telah mati.

  • 2. Kocok telur

Pengocokan telur yang sempurna adalah hingga berwarna putih. Itu pertanda adonan telah berkembang dengan baik. Jika pengocokan telur tidak sempurna, maka cake cenderung bantet.

  • 3. Oven

Proses pemasakan atau pemanggangan dengan menggunakan oven juga mempengaruhi bantet atau tidaknya cake. Jangan membuka pintu oven saat cake belum matang, agar proses pematangan adonan tak gagal mengembang. Pastikan panas oven sesuai dengan yang tertera dalam resep.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda