Scroll to Top

Windows 8 Kuasai 1% Pasar, Windows 7 Masih Mendominasi

By Ditya / Published on Thursday, 06 Dec 2012

Windows 8

Windows 8 dikabarkan telah menguasai 1% dari pangsa pasar sistem operasi di Dunia. Sementara itu, Windows 7 yang merupakan pendahulu Windows 8 ini masih mendominasi pasar yang kemudian disusul Windows XP.

Kekhawatiran produsen PC mengenai masa depan Windows 8 yang mungkin akan suram seperti Windows Vista memang cukup beralasan mengingat penjualan Windows 8 cukup lambat. Meski demikian, penjualan Windows 8 masih lebih baik ketimbang Windows Vista yang dinilai gagal.

Net Applications merilis perkiraan perolehan pangsa pasar sistem operasi yang menempatkan Windows 7 sebagai sistem operasi besutan Microsoft yang paling banyak digunakan dan posisi kedua diduduki sistem operasi lawas, yakni Windows XP.

Saat ini, Windows 8 menguasai 1,09% pangsa pasar sistem operasi. Bandingkan dengan Windows 7 yang dirilis Oktober 2009 dan menguasai pangsa pasar hingga 3,97% pangsa pasar pada kuartal keempat 2009.

Windows 7 saat ini masih mendominasi pasar sistem operasi desktop dengan menguasai 44,71%, meningkat dari bulan November yang hanya 44,60%. Windows XP pertama kalinya menurun pangsa pasarnya hingga 40% dalam 10 tahun, yakni menguasai 39,82% pangsa pasar.

Berbeda denga Net Applications, Stat Counter merilis data yang berbeda yang menunjukan bahwa Windows 7 mendominasi dengan menguasai 53,15% dan disusul Windows XP dengan 26,19%. Windows 8 menurut StatCounter masih merupakan sistem operasi baru dan masuk kategori “sistem operasi lain” dengan menguasai 3,08 persen.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (05/12/2012), Microsoft tampaknya harus berbuat sesuatu untuk mendorong penjualan Windows 8. Raksasa perangkat lunak asal Redmond ini harus cepat merespon jika tak ingin Windows 8 berakhir seperti Windows Vista.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda