Scroll to Top

PSSI Kisruh Belum Hilang, Menpora Kena Hambalang

By Agus Prasetyo / Published on Friday, 07 Dec 2012

Beberapa waktu lalu Menpora Andi Mallarangeng telah membulatkan tekad, untuk mengatasi kisruh sopakboal nasional yang melibatkan PSSI dan KPSI. Namun apalah daya dikala konflik PSSI belum hilang, kini Menpora Andi Mallarangeng harus disibukan dengan keterlibatannya di kasus Hambalang.

Baru-baru ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), melakukan upaya pencegahan keluar negeri terhadap tiga orang terkait penyidikan kasus dugaan korupsi proyek pembangunan pusat pendidikan pelatihan dan sekolah olah raga nasional (P3SON) di Hambalang Bogor Jawa Barat.

Dan salah seorang yang mendapat pencekalan tersebut adalah Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alfian Mallarangeng.

Wakil Ketua KPK bidang Penindakan Bambang Widjojanto dalam jumpa pers di Gedung KPK Kamis (6/12/12), menjelaskan jika KPK telah mengirimkan surat ke dirjen Imigrasi Kementrian hukum dan HAM untuk mencekal tiga orang dengan inisial AAM, AZM dan MAT.

Ketiganya dicekal ke luar negeri selama enam bulan ke depan, terkait penyidikkan kasus dugaan korupsi yang merugikan negara sebesar Rp243,6 miliar.

Sebenarnya Bambang Widjojanto enggan mengungkapkan identitas inisial tersebut. Namun Bambang menunjukkan surat pencekalan itu kepada para wartawan yang meliput konferensi pers itu.

Dalam surat pencekalan itu dijelaskan keterangan seputar inisial tersebut. Inisial AAM adalah mengacu pada nama Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Andi Alfian Mallarangeng.

Bahkan dalam surat pencekalan itu disebutkan nama Menpora Andi Alfian Malarangeng, telah berstatus tersangka.

Sementara itu dalam konfirmasinya beberapa waktu lalu, Menpora Andi Mallarangeng menegaskan jika pemerintah akan mengambil alih PSSI bila hingga 10 Desember 2012 masih belum ada penyelesaian konflik di persepakbolaan nasional.

Andi mengungkapkan jika sikap itu diambil, setelah pemerintah melalui Menpora menerima surat dari FIFA mengenai kondisi persepakbolaan di tanah air yang tak kunjung selesai.

“Saya menerima surat dari sekjen FIFA (Jerome Valcke) yang menjelaskan situasi sepakbola Indonesia dari kacamata FIFA. Menurut FIFA, tidak ada kemajuan dari (konflik) sepakbola di Indonesia. FIFA mencatat semua itu” ungkap Andi Mallarangeng seperti yang dilansir Goal.

“Di dalam suratnya itu FIFA juga menyinggung mengenai pembentukan task force. Namun FIFA menilai tidak ada kemajuan berarti dari MoU yang disepakati kedua belah pihak (PSSI dan KPSI)” tambahnya.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda