Scroll to Top

Persib Diuntungkan Sistem Home Away Semifinal

By Agus Prasetyo / Published on Saturday, 08 Dec 2012

Persib merasa sangat diuntungkan dengan sistem semifinal Inter Island Cup 2012 dengan home away. Pasalnya dengan sistem tersebut, Persib lebih memiliki jeda istirahat lebih lama dibandingkan tim yang berada di grup lain.

Sebagai juara grup, Persib memang berhak maju ke semifinal Inter Island Cup 2012. Performa Pesib di babak penyisihan grup, bisa dibilang cukup mengkilap.

Tiga pertandingan yang dilakoni Persib, berhasil dilalui dengan kemenangan. Total memasukan 8 gol dan hanya kemasukan 2 gol, menjadi bukti trend positif tim yang diarsiteki Djajang Nurdjaman ini.

Dan di partai semifinal, Persib merasa diuntungkan dengan sistem jadwal home away yang telah dirubah.

Pertandingan sepak bola Inter Island Cup 2012 yang diikuti 16 klub ISL (Indonesia Super League), digelar dengan babak penyisihan 4 grup yang berlangsung 2-12 Desember 2012.

Keenam belas tim terbagi ke dalam 4 grup yang harus mengikuti babak penyisihan grup untuk penentuan posisi juara grup.

Jika dilihat dari alokasi jadwal pertandingan, grup yang dinaungi Persib sangat diuntungkan karena selesai menggelar babak penyisihan lebih awal.

Alhasil Persib sebagai juara grup memiliki waktu istirahat cukup lama, sekitar 10 hari sebelum berlaga di semifinal.

Selain itu Persisam Samarinda sebagai lawan Persib di semifinal, juga masih beruntung karena memiliki waktu istirahat 9 hari.

Jika tidak ada perubahan, kedua tim ini kelak akan bertanding di semifinal dengan sistem home & away pada Sabtu (15/12/2012) dan Selasa (18/12/2012).

Namun kondisi yang tidak menguntungkan adalah Grup A dan Grup C, karena 8 tim dari kedua grup itu baru menyelesaikan pertandingan pada 11 dan 12 Desember.

Artinya  juara di dua grup itu hanya mempunyai waktu istirahat maksimal 4 hari, untuk akhirnya bertemu di semifinal Minggu (16/12/2012) dan Rabu (19/12/2012).

Alhasil kedua tim juara di grup A dan C, praktis tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Sebab kedua tim harus mempersiapkan latihan dan langsung berangkat ke kandang lawan untuk beradaptasi dengan kondisi lapangan.

Apapun alasannya tidak bisa menolak fakta bahwa Persib sangat diuntungkan, karena telah menuntaskan pertandingan dan bisa lebih dari seminggu untuk persiapkan semifinal atau final secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda