Scroll to Top

Mclaren MP4-27, Mobil F1 Tercepat di Musim 2012

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 09 Dec 2012

Mclaren MP4-27 2012

Mclaren MP4-27 dinobatkan sebagai mobil F1 tercepat di musim 2012 menurut analisa Speed Week. Analisa tersebut didasari dari rata-rata kecepatan mobil per putaran pada tiap lomba dari 20 seri kejuaraan.

Mclaren MP4-27 memiliki kecepatan yang jauh lebih baik dari dua mobil jawara, Red Bull RB8 dan Ferrari F2012. Mclaren hanya terpaut 1,8 per sepuluh lebih lambat dari kecepatan sempurna mobil F1.

Juara dunia konstruktor F1 2012, Red Bull, mengikuti dari posisi kedua dengan rata-rata kecepatan 3.8 per sepuluh di bawah kecepatan sempurna.

Tempat ketiga menjadi milik tim Lotus Renault dengan angka 7 per sepuluh, Sedangkan Ferrari hanya mengisi tempat keempat dengan rata-rata 7.5 per sepuluh dari kecepatan sempurna.

Memanfaatkan kecepatannya, Mclaren berhasil mengumpulkan total 7 kemenangan, sama seperti raihan yang dimiliki juara dunia Red Bull. Sementara Runner-up konstruktor 2012, Ferrari, hanya membukukan tiga kemenangan sepanjang musim.

Meski memiliki mobil tercepat, Mclaren gagal membawa salah satu pembalapnya berada pada persaingan perebutan gelar juara musim 2012 hingga akhir. Kehandalan menjadi salah satu masalah serius yang mendera Mclaren sehingga mereka sering kali menerima hasil gagal finis.

Sebuah analisa dari Auto Motor und Sport bahkan menyebutkan bahwa Mclaren tidak pernah menjadi juara dan runner-up pada dua fase di musim 2012, yakni fase awal musim dan akhir musim.

Pada fase awal musim Fernando Alonso keluar sebagai pemenang mengalahkan Mark Webber dengan keunggulan 40 angka. Sementara pada fase akhir, Sebastian Vettel keluar sebagai pemenang dengan margin keunggulan 45 angka dari Alonso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda