Scroll to Top

Apple dan Google Kerjasama untuk Beli Paten Kodak

By Ditya / Published on Sunday, 09 Dec 2012

Kodak

Dua raksasa teknologi, Google dan Apple, dikabarkan sedang berusaha mendapatakan Imaging Patent (IP) milik Kodak. Berdasarkan laporan dari Bloomberg, Google dan Apple dikabarkan menjalin kerjasama untuk membeli paten milik Kodak senilai USD $500 juta.

Apple dan Google dikabarkan bergabung untuk mendapatkan imaging patnet atau paten pencitraan senilai USD $500 juta yang dimiliki oleh Eastman Kodak Company. Meski kedua perusahaan tersebut adalah rival, namun keduanya bergabung untuk membeli 1.100 paten milik Kodak.

Kodak sendiri adalah pelopor kamera dan film yang tak pernah terganggu dengan revolusi teknologi digital. Namun, seiring berjalannya waktu Kodak mulai mengalami kerugian dari penjualan kamera film. Padahal, sebenarnya Kodak adalah salah satu perusahaan inti yang menemukan teknologi inti yang digunakan pada kemera digital saat ini.

Kodak melakukan langkah yang signifikan untuk membuatnya tetap bersaing dengan meluncurkan kamera digital yang mengusung seri EasyShare dan juga peralatan percetakan. Sayangnya hal tersebut tak menyelamatakan Kodak dari kebangkrutan. Kini paten milik Kodak menjadi incaran beberapa perusahaan teknologi seperti Apple dan Google yang dikabarkan melakukan keraja sama untuk mendapatkan paten.

Berita ini terdengar aneh, mengingat hubungan Apple dan google yang tak kalah unik dengan hubungan Apple dengan Samsung. Pimpinan Google bahkan mengatakan bahwa Google dan Apple saat ini sedang terlibat Cold War atau perang dingin.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (08/12/2012), Apple sendiri terlibat kasus sengketa paten dengan Samsung. Sengketa paten Samsung tersebut meliputi paten desain dan beberapa paten perangkat lunak Android yang dipakai Samsung. Uniknya, Apple tak pernah menggugat Google selaku pemilik sistem operasi Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda