Scroll to Top

Lensa Kontak Berbasis Teknologi LCD Dikembangkan Peneliti

By Ditya / Published on Sunday, 09 Dec 2012

Lensa kontak LCD

Peneliti dari Centre of Microsystems Technology milik Ghent University dikabarkan sedangn mengembangkan lensa kontak yang menggunakan basis teknologi LCD (Liquid Crystal Display) yang menawarkan keunggulan lebih dibandingkan yang menggunakan basis LED (Light Emiting Diode).

Lensa kontak yang ada saat ini digunakan sebagai pengganti kaca mata bagi yang menderita mata minus dengan fungsi yang sama dengan kaca mata. Lensa kontak juga digunakan sebagai kosmetik untuk mengubah warna dan pola bola mata menjadi lebih cantik. Parnahkah Anda membayangkan lensa kontak dapat berfungsi sebagai kaca mata gelap atau berubah warna dan pola sesuai keinginan pengguna?

Hadirnya teknologi LCD yang diaplikasikan pada lensa kontak menawarkan berbagai ukuran piksel serta jumlah piksel yang digunakan. Lensa kontak yang menggunakan teknologi LCD ini dapat melayani lebih banyak fungsi dari lensa kontak biasa, seperti bekerja sebagai kaca mata gelap untuk menghindari cahaya matahari.

Saat ini pengembangan lensa kontak berbasis teknologi LCD ini telah mencapai tahap prototipe dasar yang menawarkan pola sederhana, seperti menampilkan logo dollar pada gambar diatas. Pengembangan lensa kontak dengan teknologi ini terus dilakukan agar dapat melakukan lebih banyak fungsi, seperti merubah warna bila mata sesuai yang diinginkan pengguna atau menampalkan logo tertentu.

 “Biasanya, layar fleksibel menggunakan sel kristal cair tidak dirancang untuk dibentuk menjadi bentuk baru. Dengan demikian, tantangan utama adalah untuk membuat substrat, sangat tipis melengkung berbentuk sebuah bola dengan lapisan aktif yang bisa menahan proses molding ekstrim.”

“Dengan menggunakan jenis baru dari polimer konduktif dan mengintegrasikan mereka ke dalam sel bulat mulus, kami mampu membuat sebuah LCD baru berbasis layar lensa kontak,” kata Jelle De Smet, peneliti utama proyek lensa kontak LCD.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (08/12/2012), melalui teknologi LCD yang diaplikasikan pada lensa kontak membuat alat bantu penglihatan ini memiliki banyak fungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda