Scroll to Top

Respon Interface Pengguna Google Plus Dan Facebook Mirip

By Aisyah Indarsari / Published on Wednesday, 17 Aug 2011

Ada suatu penemuan baru yang cukup menarik yang dirilis oleh EyeTrackShop seperti yang dikutip dari InsideGPlus, yaitu bagaimana reaksi para pengguna Google+ dan Facebook tidak jauh berbeda.

Eye Track Shop adalah perusahaan/platform yang mengkhususkan diri untuk menganalisis teknologi eye-tracking untuk mengetahui interaksi pengguna suatu situs web yang diukur melalui perantara webcamnya. Teknologi ini cukup bermanfaat jika Anda ingin menilai seberapa sukses user interface website Anda.

Dan menurut hasil penelitian terbarunya, Eye Track Shop melakukan penelitian terhadap respon pengguna Google+ dan Facebook pada interface masing-masingnya. Dan ternyata hasilnya tidak banyak menunjukkan perbedaan, seperti pada hasil scan heatmap berikut:

Jika Anda perhatikan, perhatian utama para pengguna masing-masing platform jejaring sosial ini terletak pada feed/stream utama, dan kemudian selanjutnya pada notifikasi pada sidebar kiri dan lalu kanan. Atau lebih detailnya seperti pada gambar dibawah:

Masih menurut hasil studi Eye Track Shop, walaupun gambaran diatas kurang lebih menunjukkan prioritas perhatian pengguna, akan tetapi intensitasnya hanya sebentar saja.

Banyak pengguna yang memperhatikan sebuah iklan di Facebook hanya selama 5 detik saja untuk masuk ke halaman utama iklan tersebut, dan kemudian tetap fokus hanya selama 1 detik saja. Perilaku yang sama akan besar kemungkinannya jika Google+ nantinya menempatkan iklan di posisi yang sama dengan interface Facebook.

Hal ini sebenarnya sudah bisa ditebak, dikarenakan kemiripan user interface dari kedua jejaring sosial ini lah sehingga hampir tidak ada perbedaan fokus perhatian para penggunanya. Akan tetapi, informasi ini akan sangat berguna bagi Google+ jika ingin mengembangkan strategi iklan juga di platform jejaring sosialnya.

Nah, apakah fokus perhatian Anda pada jejaring sosial favorit juga sama urutannya dengan hasil temuan diatas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda