Scroll to Top

Wave Glider Papa Mau, Robot yang Berhasil Seberangi Samudera Pasifik

By Ditya / Published on Monday, 10 Dec 2012

Wave Glider

Sebuah robot bernama Wave Gliders dengan julukan “Papa mau” telah berhasil menyeberangi samudera pasifik. Robot ini memulai perjalanan dari San Fransisco, California menuju ke Australia yang berjarak kurang lebih 38 ribu mil atau 61 ribu kilometer.

Pada bulan November 2011 lalu dua pasang robot Wave Gliders diluncurkan di San Fransisco, California. Keempat robot self-propelled tersebut akan menempuh perjalanan menyeberangi samudera Pasifik menuju Australia.

Setelah perjalanan dimulai, 2 diantara robot Wave Gliders ditarik karena mengalami masalah dan satu robot Wave Gliders berhenti 800 mil dari Australia. Hanya satu robot Wave Gliders yang mampu mencapai Australia, yakni Wave Gliders yang dijuluki Papa Mau.

Robot Wave Gliders berjuluk Papa Mau ini berhasil mencapai daratan Australia dengan sempurna dan selamat. Robot Wave Gliders Papa Mau ini menghasilkan banyak data yang berguna bagi ilmuwan. Data tersebut didapat oleh robot Wave Gliders Papa mau sepanjang perjalanannya.

“Papa Mau navigasikan sepanjang rute yang ditentukan di bawah kontrol otonom serta mengumpulkan dan mengirimkan data resolusi tinggi dalam jumlah belum pernah terjadi sebelumnya. Data laut belum pernah tersedia lebih dari ini jarak yang luas atau jangka waktu yang lama,” rilis pers perusahaan pada 6 Desember lalu.

Keempat robot Wave Gliders ini dibangun oleh Liquid Robotics Company yang didirikan pada tahun 2007. Perusahaan ini berperan untuk menyediakan layanan data laut dan robot Wave Gliders adalah salah satu ekperimen yang dilakukan perusahaan tersebut.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (10/12/2012), tujuan eksperimen menggunakan robot Wave Gliders ini adalah untuk memantau suhu di laut sesuai dengan tempat robot tersebut berada. Wave Gliders juga memantau salinitas air laut, tinggi gelombang,  dan tingkat oksigen di berbagai daerah yang telah dilalui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda