Scroll to Top

Pemilu FB Resmi Ditutup, Suara Masuk Tak Penuhi Ambang Batas 30%

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 11 Dec 2012

Pemilu FB

Pemilu FB resmi ditutup hari ini atau kemarin 10 Desember 2012 waktu AS. Sayangnya suara yang masuk tak penuhi ambang batas 30%.

Facebook meminta 1 miliar penggunanya untuk ikut urun rembug dalam melakukan voting perubahan policy. Perubahan ini juga terkait dengan kebijakan yang dilakukan jejaring sosial terpopuler tersebut.

Menuai kritik pedas yang terus bergulir, keputusan untuk melakukan voting pun diambil. Facebook mengatakan jika keputusan voting akan mengikat bilamana direspon oleh 30% pengguna atau sekitar 300 juta lebih pengguna dari total 1 miliar pengguna Facebook.

Salah satu isu yang diangkat ke publik adalah terkait kebijakan berbagi data. Dikabarkan pula jika Facebook memungkinkan berbagi informasi dengan aplikasi yang baru saja diakuisisinya, Instagram.

Kasus ini muncul di permukaan tatkala Facebook mendulang protes dari para aktivis. Mereka mengatakan jika Facebook menerapkan kebijakan baru ini maka akan melanggar beberapa hukum dan regulator terkait.

Facebook vote change policy sendiri telah dibuka sejak Senin 3 Desember 2012 lalu. Hari ini atau Selasa 10 Desember pemilu FB tersebut telah ditutup.

“The Facebook Site Governance vote sekarang telah ditutup. Terima kasih atas partisipasi Anda. Kami akan mengumumkan hasil dan langkah-langkah selanjutnya mengenai proses pemerintahan lama, jadi periksa kembali segera,” tulis laman The Facebook Site Governance.

Lantas bagaimana hasilnya? Laman TechCrunch menulis setidaknya ada 588.803 suara masuk dengan 88% diantaranya menentang kebijakan yang ada.

Sedangkan 79.731 pengguna mendukung rencana kebijakan Facebook. Namun sayangnya suara yang masuk kurang dari 30% dari ambang batas atau kurang dari 1% jumlah total pengguna Facebook.

The Facebook Site Governance sendiri akan segera merilis hasil finai voting ini dan menindaklanjuti kebijakan yang ada dalam beberapa hari ke depan. Kita tunggu saja apakah Facebook bakal men-goal-kan policy yang mereka yakini sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda