Scroll to Top

Facebook Sempat Tumbang Gara-gara Masalah DNS?

By Ditya / Published on Tuesday, 11 Dec 2012

Facebook tumbang

Situs jejaring sosial populer Facebook dikabarkan sempat tumbang selama kurang lebih 25 menit. Situs jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg dikabarkan mengalami masalah pada DNS (Domain Name System) sehingga membuat raksasa jejaring sosial ini tumbang dan tak dapat diakses di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Seperti yang dilansir dari CNET (10/12/2012), tak semua jaringan dan subdomain Facebook tumbang, beberapa layanan seperti beta.facebook.com dan beberapa layanan lain kabarnya masih dapat diakses.

Tak hanya itu, Facebook API (Application Programming Interface) yang memungkinkan pengembang memasang tombol Like dari Facebook juga tak bekerja. Ini menunjukkan terjadi kegagalan jaringan pada jejaring sosial Facebook.

Di Indonesia, tumbangnya Facebook ini terjadi pada pagi hari dan saat berita ini diturunkan, situs jejarng sosial terpopuler di Indonesia ini telah dapat diakses kembali oleh pengguna Tanah Air.

Seorang juru bicara Facebook mengungkapkan bahwa tumbangnya Facebook ini disebabkan adanya masalah di infrastruktur DNS (Domain Name System) dan beberapa perubahan dan perbaikan yang dilakukan, sehingga pengguna jejaring sosial terbesar ini tak dapat mengakses Facebook.

“Sebelumnya kami telah melakukan perubahan dan perbaikan pada infrastruktur DNS dan perubahan ini mengakibatkan beberapa orang untuk sementara tak dapat mengakses jejaring sosial kami.”

“Kami telah mendeteksi dan memperbaiki masalah ini dengan cepat dan kini telah kembali 100%, Kami mohon maaf atas ketidak nyamanan yang terjadi,” kata seorang wakil Facebook.

Tak hanya Facebook yang tumbang, layanan email gratis besutan Google, Gmail, juga dikabarkan tumbang selama kurang lebih 30-40 menit dan belum diketahui penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda