Scroll to Top

Foxconn Tunda Bangun Pabrik di Indonesia Gara-Gara Regulasi?

By Ditya / Published on Tuesday, 11 Dec 2012

pabrik perakitan ipad foxconn

Beberapa waktu lalu sempat terdengar kabar bahwa Foxconn akan membangun pabrik di Indonesia. Perusahaan manufaktur terbesar yang berkantor pusat di Taiwan ini dikabarkan menunda rencana untuk membangun pabrik di Indonesia karena terganjal masalah regulasi.

Foxconn sendiri adalah sebuah perusahaan manufaktur elektronik terbesar yang berbasis di Taiwan yang memproduksi beberapa produk populer beustan Apple, sebut saja iPhone dan iPad, serta konsol populer seperti Xbox 360 dan Wii U. Tak hanya itu, Foxconn juga memproduksi komponen komputer seperti mainboard dan beberapa komponen lainnya.

Perusahaan manufaktur elektronik ini dikabarkan akan berencana untuk berinvestasi di Indonesia senilai 10 miliar dollar AS dan proyek pembangunan pabrik tersebut kabarnya akan direalisasikan pada tahun 2013. Konstruksi pabrik kabarnya akan dimulai bulain ini di lokasi pembangunan pabrik.

Berdasarkan laporan dari Taiwan Central News Agency melaporkan bahwa Foxconn mengalami kesulitan dengan regulasi dan peraturan pemerintah Indonesia terkait masalah impor perangkat mobile dan perangkat perlindungan terhadap barang palsu.

Gita Wiryawan, Menteri Perdagangan Republik Indonesia kabarnya telah dijadwalkan untuk bertemu dengan CEO Foxconn, Terry Gou, di Taiwan pada bulan Desember ini untuk melakukan diskusi lebih lanjut serta mengamankan investasi besar Foxconn.

Perusahaan yang berkantor pusat di Tucheng, New Taipei, Taiwan ini dikabarkan mengalihkan fokus untuk melakukan ekspansi pembangunan pabrik ke Amerika Serikat. Hal ini merupakan langkah Foxconn untuk mengikuti komitmen Apple untuk menghadirkan produk Apple dengan embel-embel Made in USA.

Seperti yang dilansir dari Kompas (11/12/2012), tak hanya Foxconn yang berniat untuk membuka pabrik di Indonesia, Samsung juga dikabarkan akan menambah fasilitas produksi di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda