Scroll to Top

5 Hal Yang Bikin Sperma Tak Sehat

By C Novita / Published on Tuesday, 11 Dec 2012

hal yang bikin sperma tak sehat

Sperma yang sehat adalah syarat dari terjadinya pembuahan dan kehamilan. Namun sayangnya, tak semua pria memiliki kualitas sperma yang sehat dikarenakan beberapa kebiasaan yang kerap mereka lakukan.

Ingin tahu apa saja hal yang bikin sperma tak sehat? Simak berikut ini:

  • Memakai celana ketat

Pemakaian celana ketat dalam jangka waktu lama akan membuat peredaran darah terganggu. Selain itu suhu testis akan meningkat karena peredaran udara yang terbatas. Hal tersebut membuat produksi sperma terpengaruh dan menurun.

  • Suhu testis hangat atau panas

Melakukan hal yang membuat suhu sekitar testis naik, akan mempengaruhi produksi sperma. Misalnya berendam di air hangat, duduk terlalu lama di tempat panas, memangku laptop, dll. Sperma terancam tak sehat atau bahkan mati.

  • Kegemukan

Kegemukan atau obesitas ternyata mempengaruhi jumlah produksi sperma, juga tingkat kesehatan sperma. Study banyak yang menemukan hubungan antara obesitas dan penurunan fungsi organ seks.

  • Alkohol

Kebiasaan meminum alkohol bisa membuat produksi sperma berkurang. Ini karena alkohol menghalangi penyerapan mineral seng dari makanan yang merupakan bahan penting dalam pembuatan sperma.

  • Radiasi ponsel

Penggunaan ponsel dalam waktu lama ternyata membuat radiasinya mempengaruhi produksi sperma. Cara membawa ponsel pada saku celana pun membuat radiasinya mempengaruhi testis. Jadi sebaiknya jangan taruh ponsel di saku celana dan bertelpon terlalu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda