Scroll to Top

Lionel Messi Jenius? Orang Yang Tak Tahu Sepakbola Pun Setuju

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 12 Dec 2012

Lionel Messi Jenius? Orang Yang Tak Tahu Sepakbola Pun Setuju

Anda tidak perlu banyak mengetahui seputar sepakbola untuk berkata bahwa Lionel Messi adalah pemain yang luar biasa. Demikian yang disampaikan oleh Tito Vilanova, pelatih Barcelona, menjelang duel klubnya melawan Cordoba di perdelapan final Copa del Rey 2012-2013. Sang suksesor juga menyebutkan bahwa King Leo adalah salah satu pemain terbaik dalam sejarah Barcelona.

Menjelang duel Barcelona melawan Cordoba, tidak ada pemain yang lebih disorot daripada Lionel Messi. Setelah ia sukses melewati rekor gol Gerd Muller, King Leo kembali ditunggu aksinya untuk mencetak gol demi gol tambahan dalam sisa tiga pertandingan sebelum liburan musim dingin. Menarik ketika Tito Vilanova, sang pelatih Barcelona, diminta untuk menilai Messi ketika masih berada di tim junior Barcelona.

Tito memberi gambaran, “Keunikan yang dimiliki Messi adalah, ia masih mampu melakukan apa yang dilakukannya semasa kecil, pada kompetisi profesional (benar-benar murni bermain sepakbola). Anda tidak perlu mengetahui banyak hal seputar sepakbola untuk berkata bahwa Messi adalah pemain luar biasa. Hal ini sudah sangat jelas. Tidak ada yang mampu menebak, kariernya akan segemilang ini. Ia akan memperoleh pencapaian fantastis seperti saat ini.”

Tito Vilanova pun ‘dipaksa’ memberi penilaian. Apakah Messi lebih baik daripada Laszlo Kubala, penyerang Barcelona era 1950-an asal Hungaria. Dalam 11 tahun kariernya bersama El Barca, penyerang maut ini mampu menyumbang 194 gol hanya dalam 256 pertandingan resmi.

Menanggapi hal ini, Tito memilih jawaban diplomatis. Ia tidak hendak membandingkan dua legenda dari dua generasi berbeda ini. Sebaliknya, mantan pemain Celta Vigo menyebutkan bahwa Lionel Messi adalah salah satu pemain terbaik Barcelona sepanjang sejarah.

“Saya tidak pernah melihat Kubala bermain. Carles Rexach (mantan pemain dan pelatih Barca) pernah menyampaikan banyak hal tentang Kubala kepada saya. Juga beberapa pemain terbaik yang pernah tampil di klub ini. Saya tidak bisa berkata siapa yang lebih baik (antara Kubala dan Messi). Yang jelas, Messi adalah salah satu pemain terbaik dalam sejarah Barcelona.”

Terakhir, pada akhir pekan ini, Barcelona akan menghadapi Atletico Madrid yang memiliki seorang Radamel Falcao. Duel kedua tim, juga menjadi duel dua penyerang maut ini. Wartawan pun menanyakan, apakah Messi akan termotivasi ketika bertemu Rojiblancos karena adanya sosok Falcao.

Vilanova menjawab, “Messi selalu termotivasi. Ia selalu ingin tampil baik dan mencetak gol. Saya tidak berpikir bahwa Messi akan termotivasi karena Falcao –yang tengah dalam performa terbaik– bertarung melawannya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda