Scroll to Top

Real Madrid Harus Mengganti Jose Mourinho

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 12 Dec 2012

Real Madrid Harus Mengganti Jose Mourinho

Real Madrid mesti mencari pengganti Jose Mourinho karena imej klub ibukota Spanyol tersebut dirusak oleh tingkah The Special One. Demikian disebutkan oleh presiden Cordoba, Carlos Gonzalez. Selain menyentil Jose Mourinho, Gonzalez juga mengatakan bahwa kesuksesan Barcelona berasal dari para jebolan akademi mereka. Hal yang sebenarnya dilakukan Real Madrid bertahun-tahun lalu. Namun, kini semua berbalik. Barca lebih suka memakai pemain binaan, sedangkan Madrid sibuk dengan pemain bintang dari seluruh dunia.

Sejarah kadang berputar dengan cara yang tak terduga. Demikian yang ada dalam gambaran Carlos Gonzalez, presiden Cordoba. Pria yang mengaku sebagai seorang Madridista ini, mengaku bahwa yang terjadi di sepakbola Spanyol saat ini, antara Barcelona dan Real Madrid, adalah pertukaran kejadian serupa bertahun lalu. Ya, memang pada era 1980-an, Los Blancos terkenal dengan para jebolan akademi mereka. Sebaliknya, Barca merekrut pemain bintang dari luar klub seperti Diego Maradona. Namun kini zaman berubah. Barca justru sukses dengan pemain binaan, sedangkan Madrid malah mencari pemain bintang dari klub lain.

“Saya sudah menua, setelah sekian lama, segalanya berputar balik. Dahulu Real Madrid selalu menggunakan pemain akademi sedangkan Barcelona mencari pemain bintang seperti Johan Cruyff, Diego Maradona … tapi kini sebaliknya. Inilah (para pemain akademi) yang menjadi kunci keberhasilan Barcelona,” sebutnya.

Selain mengkritik sedikitnya kesempatan pemain muda masuk ke tim utama kubu Santiago Bernabeu, Gonzalez juga menyinggung Jose Mourinho. Baginya, sikap The Special One yang provokatif lebih banyak menghasilkan musuh daripada kawan. Selain itu, Gonzalez juga yakin, Mou tidak akan mampu menyaingi pelatih legendaris Madrid, Miguel Munoz yang mengantarkan Los Merengues menjuarai tiga Liga Champions (dahulu bernama European Cup) pada 1950-an.

“Mourinho menciptakan lebih banyak musuh daripada sahabat. Ia juga kurang mempercayai pemain akademi, yang menurut saya merupakan kesalahan fatal. Selain itu, Madrid sering kalah dari Barcelona di Sanatiago Bernabeu sejak ditangani Mourinho,” sebut presiden Cordoba.

Klub Carlos Gonzalez sendiri, akan bertemu dengan Barcelona pada pertengahan pekan ini di babak perdelapan final Copa del Rey. Kehadiran Cordoba di babak 16 besar cukup mengejutkan karena sebelumnya mereka mampu mendepak klub Primera Division, Real Valladolid dengan skor 4-2. Akankah Cordoba mampu menaklukkan Barca lantas terus bergerak ke semifinal untuk bersua dengan Real Madrid, klub obsesi sang presiden?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda