Scroll to Top

Timnas Indonesia Akan Rugi Oleh Sanksi FIFA, Sebut Ponaryo Astaman

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 12 Dec 2012

Timnas Indonesia Akan Rugi Oleh Sanksi FIFA, Sebut Ponaryo Astaman

Timnas Indonesia akan dirugikan andai sanksi FIFA benar-benar turun, sebut Ponaryo Astaman. Ketua APPI (Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia) menyatakan, jika sanksi FIFA dijatuhkan, maka yang harus bertanggungjawab adalah PSSI dan KPSI.

Konflik sepakbola nasional yang berkepanjangan, berpotensi pada turunnya sanksi FIFA. Hubungan tidak harmonis antara PSSI dan KPSI, menjadi kendala terbesar. Ketika PSSI menyelenggarakan Kongres Luar Biasa di Palangkaraya, ketika itu pula KPSI menggelar kongres pula di Jakarta.

Menanggapi situasi terakhir seputar masalah sepakbola di tanah air, Ponaryo Astaman, pemain berpengalaman yang juga ketua APPI, berharap FIFA tidak memberikan sanksi kepada Indonesia. Sanksi hanya akan merugikan timnas Indonesia. Karena, dengan demikian, tim merah-putih tak bisa mengikuti semua turnamen internasional dalam periode sanksi tersebut.

”Sanksi FIFA merugikan timnas Indonesia. Timnas Indonesia tidak bisa keluar, klub terkendala, status pemain asing akan bermasalah, ini jelas kerugian kami semua,” kata Ponaryo seperti dikutip oleh Okezone.

Ponaryo sendiri mengaku, berharap sanksi tidak turun. Andai hukuman tersebut benar-benar dijatuhkan, bagi pemain yang pernah memperkuat PSM Makassar, jawab layak dibebankan kepada PSSI dan KPSI sebagai pihak yang bertikai. Menurut Ponaryo, konflik berkepanjangan ini terjadi karena kedua belah pihak ngotot mempertahankan pemikiran masing-masing.

”Harapan tentu saja ingin selesai tanpa disanksi oleh FIFA. Tetapi sudah terlambat. Memang kedua belah pihak tetap kekeuh terhadap pemikiran mereka. Kita tunggu saja. Kalau Indonesia sampai disanksi FIFA, mereka harus bertanggung jawab kepada kami (pemain) dan masyarakat Indonesia,” kata Ponaryo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda