Scroll to Top

Firefox OS Simulator 1.0 Diluncurkan Mozilla

By Ditya / Published on Wednesday, 12 Dec 2012

Firefox OS simulator

Mozilla telah meluncurkan Firefox OS Simulator 1.0 setelah sebelumnya telah merilis prototipe Firefox OS Simulator pada tanggal 15 November lalu. Firefox OS Simulator 1.0 ini datang dalam bentuk add-on untuk browser Firefox.

Firefox OS adalah proyek sistem operasi mobile untuk kelas menengah dan entry-level yang digagas dan dikembangkan oleh Mozilla. Firefox OS yang awalnya menggunakan nama Boot2Gecko (B2G) ini menggunakan kernel Linux sebagai basis utama sistem operasi yang dipadukan degan mesin rendering web Gecko serta interface berbasis HTML5.

Sistem operasi Firefox OS ini direncanakan akan meluncur tahun 2013 mendatang. ZTE adalah produsen ponsel pertama yang akan menggunakan sistem operasi Firefox OS yang nantinya akan dirilis pertama kali di Brazil.

Dalam rangka mendukung rilis Firefox OS, Mozilla meluncurkan Firefox OS Simulator 1.0 sebagai tindak lanjut dari rilis prototipe Firefox OS Simulator 15 November lalu. Firefox OS Simulator 1.0 hadir dengan berbagai perbaikan bug yang terdapat di prototipe Firefox OS Simulator 1.0 sebelumnya.

Firefox OS Simulator 1.0 ini juga memungkinkan pengguna untuk berkenalan atau sekedar mencicipi sistem operasi Firefox OS yang saat ini masih dalam proses pengembangan oleh Mozilla.

Add-on Firefox OS Simulator 1.0 ini merupakan add-on yang berukuran cukup besar, yakni berkisar antara 50MB hingga 100MB. Firefox OS Simulator 1.0 ini datang dengan beberapa aplikasi default dari sistem operasi Firefox OS. Setelah pengguna mengunduh Firefox OS Simulator 1.0, pengguna dapat mengaksesnya melalui menu Tools -> Web Developer dan Firefox OS Simulator 1.0 akan muncul sebagai aplikasi terpisah.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (11/12/2012), add-on Firefox OS Simulator 1.0 ini hanya bekerja di browser Firefox 16 dan 17.x saja. Anda penasaran? Simak video berikut atau unduh disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda