Scroll to Top

MediaTek MT6589, Prosesor Quad Core Siap Saingi Qualcomm

By Ditya / Published on Wednesday, 12 Dec 2012

MediaTek

Nama MediaTek tentu sudah tak asing lagi di telinga konsumen Indonesia. Produsen SoC (System on Chip) asal Taiwan yang populer digunakan pada smartphone kelas menengah dan entry-level ini memperkenalkan prosesor quad-core MT6589 untuk saingi Qualcomm.

MediaTek terkenal sebagai pembuat chipset untuk perangkat smartphone dan tablet kelas menenga;h dan entry-level ini mulai menunjukkan kelasnya dengan memperkenalkan chipset terbaru yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 melalui seri MT6589.

Chipset MT6589 besutan produsen asal Taiwan ini memiliki 4 inti pemroses atau quad-core yang berlari dengan kecepatan 1GHz atau lebih. Grafis MediaTek MT6589 ini menggunakan grafis Power VR SGX seri 5 GPU (Graphics Processing Unit).

Tak hanya itu, MediaTek MT6589 ini juga didukung fitur multimedia yang mumpuni, seperti kemampuan memutar dan merekam video HD 1080p, dukungan kamera 13MP, dukungan dual SIM, serta dukungan layanan data kecepatan tinggi HSPA+.

Kehadiran chipset MediaTek MT6589 ini merupakan jawaban atas meluncurnya 2 chipset quad-core besutan Qualcomm yang mulai memasuki pasar pada tahun 2013 medatang sekaligus mengejar ketertinggalannya dengan pesaingnya yang telah lama memasarkan prosesor quad-core.

Meski MediaTek selama ini terkenal sebagai ‘otak’ smartphone China atau samrtphone murah sekaligus pendatang baru di pasar chipset mobile, namun kualitas chipset MediaTek tak bisa dipandang sebelah mata.

Pengguna chipset MediaTek sebenarnya cukup banyak, sebut saja IMO, Lenovo, Acer, Polytron, dan banyak lagi. Petinggi MediaTek mengakui bahwa saat ini MediaTek masih dalam masa transisi untuk menjadi pemain chipset smartphone besar dengan menawarkan produk berkualitas dengan harga murah.

“Sampai saat ini, MediaTek masih dalam masa transisi dari feature phone menjadi smartphone,” kata Finbarr Moynihan, salah seorang petinggi MediaTek, seperti yang dilansir dari CHIP (12/12/2012).

Seperti yang dikutip dari TabloidPulsa (12/12/2012), chipset MediaTek MT6589 quad-core ini mulai memasuki pasar pada kuartal pertama tahun 2013 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda