Scroll to Top

Malas Ganti Pembalut Bisa Sebabkan Infeksi Leher Rahim

By C Novita / Published on Wednesday, 12 Dec 2012

malas ganti pembalut sebabkan infeksi leher rahim

Penggunaan pembalut pada saat menstruasi bagi wanita adalah sebuah kebutuhan vital. Namun terkadang, karena malas atau kesibukan mereka, para wanita jarang mengganti pembalut mereka hingga lebih dari 10 jam.

Kebiasaan buruk ini jelas tak baik untuk kesehatan organ intim atau vagina. Pada pembalut yang telah terkena darah haid atau darah kotor, dapat timbul bakteri yang berkembang biak dan berdampak buruk untuk organ intim.

Pada buku tulisan Michael  F. Roizen, Mehmet C.Oz, M.D dan Ellen Rome, M.D, berjudul Menjadi Remaja Sehat, dikatakan bahwa pembalut adalah benda yang aman dan nyaman dan tak memicu penyakit selama Anda sering menggantinya saat sedang haid.

Masalah kesehatan baru muncul jika Anda malas mengganti pembalut saat telah kotor. Setidaknya gantilah 3-4 jam sekali, sebab jika Anda memakai pembalut yang sama melebihi 6 jam, maka dikhawatirkan muncul toxic shock syndrome atau sindrom TS.

Demikian juga infeksi leher rahim atau infeksi serviks yang dapat terjadi jika malas mengganti pembalut yang telah kotor.

Memang penyakit tersebut tak melulu disebabkan karena pemakaian pembalut yang terlalu lama, namun juga sebab iritasi vagina, jamur, alergi obat pembersih Miss V, juga alat kontrasepsi yang tak cocok, juga sebab lain.

Namun tentu tak ada salahnya juga jika Anda rajin mengganti pembalut yang Anda pakai. Selain untuk kebersihan diri sendiri, juga untuk pencegahan berbagai penyakit yang bisa menyerang organ intim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda