Scroll to Top

Cordoba vs Barcelona 0-2: Lionel Messi 2 Gol

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 13 Dec 2012

Barcelona vs Cordoba 2-0

Barcelona sukses memetik kemenangan di leg pertama babak 16 besar Copa del Rey 2012-2013 lewat dua gol Lionel Messi. Bertandang pada Kamis, 13 Desember 2012, pasukan Tito Vilanova menciptakan hasil pertandingan Cordoba vs Barcelona skor 0-2. Meskipun tuan rumah menampilkan permainan apik sepanjang babak pertama, perbedaan terletak pada seorang Leo Messi yang menjadi satu-satunya pencetak skor Barcelona vs Cordoba. Sepasang gol Messi membuatnya kini telah mencetak 88 gol di seluruh pertandingan resmi Barca sepanjang 2012. Hasil perdelapan final Copa del Rey ini jelas menguntungkan Barca yang di leg kedua akan menjadi tuan rumah.

Dalam pertandingan Barcelona vs Cordoba di leg pertama babak 16 besar Copa del Rey 2012-2013 ini, Tito Vilanova tetap menurunkan para pemain dari tim utama Barcelona. Lionel Messi dipasang sebagai starter bersama David Villa dan Pedro Rodriguez. Sementara itu, Cordoba yang tampil sebagai tuan rumah di Estadio Nuevo Arcangel, menggunakan formasi standard 4-2-3-1 dengan tumpuan seorang Vincenzo Rennella, penyerang asal Italia.

Meski ada perbedaan satu kasta antara kedua tim, Cordoba bukanlah tim yang bisa dipandang remeh. Menjungkalkan Real Sociedad di babak 32 besar bukan sebuah kebetulan. Menit 4, Jose Manuel Pinto dipaksa melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan Fede Vico. Dengan seragam seperti Real Betis, anak asuh Rafa Berges menampilkan permainan serupa, tak mau mengalah dari sang raksasa Barcelona.

Meski demikian, Barca yang mampu mencetak gol.  Menit 11, Lionel Messi menambah pundi-pundi golnya sepanjang tahun 2012. Sebuah kerjasama rapi para pemain Barca, dilanjutkan dengan umpan terobosan apik Pedro Rodriguez kepada David Villa. Mantan penyerang Valencia yang begitu bebas, menyodorkan bola ke tengah kotak penalti. Di sana, King Leo tanpa kesulitan tinggal menjaringkan bola ke gawang Cordoba setelah kiper Cordoba, Mikel Saizar kehilangan posisinya.

Barcelona vs Cordoba 2-0 (2)

Tuan rumah berusaha mengimbangi ball possession tim tamu dengan menghasilkan peluang-peluang bagus. Cordoba sempat menjaringkan gol di menit 18 lewat tembakan Rennella. Sayang, penyerang asal Italia terlebih dahulu terjebak off side.

Sepanjang babak pertama, kita mungkin akan dibuat penasaran mengapa Cordoba bisa menjalani lima laga tanpa kemenangan sebelum pertandingan ini. Setiap kali bola diterima oleh Sebastian Dubarbier dan Fede Vico, setiap kali itu pula pertahanan Barca terancam.

Awal babak kedua, masing-masing tim unjuk gigi. Menit 47, peluang Cordoba melalui Carlos Caballero gagal membuahkan gol. Dan selang tiga menit, Pedro Rodriguez yang bebas menerima umpan terobosan, memilih melepaskan tembakan kencang yang melayang di atas mistar Saizar.

Barcelona akhirnya memperlebar jarak di menit 74. Lagi-lagi lewat Lionel Messi. Kerjasama antara Thiago dan pemain pengganti Alezis Sanchez, diakhiri dengan umpan terobosan akurat penyerang Chili. King Leo yang gagal dalam beberapa percobaan sebelumnya, kali ini tak mau mengulang kesalahan. Bola ditembakkannya ke sudut kiri bawah gawang Cordoba.

Skor akhir 0-2 untuk kemenangan Barcelona, namun salut layak diberikan kepada Cordoba yang merepotkan pasukan Tito Vilanova di babak pertama. Superioritas El Barca terbukti di babak kedua, dan sekali lagi Lionel Messi menunjukkan tuahnya.

Cordoba (4-2-3-1): 13-Saizar; 17-Fernandez, 4-Gaspar (Petcoff ’82), 20-Aguilar, 3-Fuentes; 21-Caballero, 14-Garai; 15-Pedro (Ayina ’88), 16-Dubarbier, 29-Fede Vico; 12-Rennella (Patino ’63)

Barcelona (4-3-3): 13-Pinto; 2-Alves (Montoya ’78), 3-Pique, 14-Mascherano, 18-Alba; 6-Xavi, 25-Song, 11-Thiago; 17-Pedro (9-Alexis Sanchez ’66), 10-Messi, 7-Villa (37-Tello ’84)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda