Scroll to Top

Studi Terbaru Menunjukkan Menonton TV Mengurangi Usia Anda

By Ivan Azzam / Published on Wednesday, 17 Aug 2011

TV memang adalah salah satu produk teknologi yang memberi manfaat pada manusia, namun bukan itu saja, tentunya ada efek negatif dari TV bagi manusia. Maka dari itu jangan berlebihan dalam hal menonton TV karena itu buruk bagi kesehatan anda, begitu kata suatu studi terbaru yang mengatakan ada korelasi antara lamanya anda menonton dan berapa lama anda usia anda.

Riset dari peneliti di University of Queensland, Australia menyimpulkan bahwa, setiap jam dari TV yang ditonton setelah usia 25, rata-rata jangka waktu hidup manusia berkurang 22 menit. Seseorang yang menonton 6 jam acara TV per hari, rata-rata hidup 5 tahun lebih pendek dari orang yang tidak melakukannya.

Studi tersebut mengambil sampel dari 11.000 partisipan di Australia yang berusia lebih dari 25 dan dipublikasikan awal bulan ini di British Journal of Sports Medicine.

Meski begitu, studi ini bukan ingin membuktikan bahwa TV perlahan membunuh kita, tapi lebih kepada cara kita yang kurang latihan olahraga dan kebiasaan makan yang buruk karena terlalu sering menonton TV. Tentunya orang yang menghabiskan waktu 6 jam untuk olahraga dan beraktivitas hidup lebih lama daripada orang yang 6 jam duduk dan menonton TV.

Seolah makin memperburuk lagi, tidak hanya menonton TV terlalu lama saja yang buruk bagi kesehatan, tapi juga duduk di depan komputer 6 jam per hari menambah resiko kematian 40%. Solusi? Beli stand-up desk. (via Mashable)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda