Scroll to Top

MEISTeR, Robot Anti Radiasi Nuklir Buatan Mitsubishi

By Ditya / Published on Thursday, 13 Dec 2012

MEISTER Mitsubishi

Mitsubishi telah mengembangkan robot anti radiasi nuklir yang diberi nama robot MEISTeR. Robot Mitsubishi MEISTeR sendiri adalah singkatan dari Maintenance Equipment Integrated System of Telecontrol Robot.

Nama Mitsubishi ini tentu tak asing lagi di telinga, produsen berlogo tiga berlian ini populer dengan produk mobilnya yang beredar di Tanah Air. Tak hanya memproduksi mobil, Mitsubishi juga piawai dalam industri pesawat tempur dan kini robot.

Robot Mitsubishi MEISTeR adalah robot yang didesain untuk menahan tingkat radiasi nuklir, sehingga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima yang bermasalah sejak diterjang tsunami beberapa waktu lalu.

Tingkat radiasi radioaktif yang cukup berbahaya di Fukushima ini memaksa pemerintah Jepang memanfaatkan robot yang tahan terhadap radiasi untuk mendeteksi tingkat radiasi serta beberapa fungsi lain.

Tak hanya Mitsubishi, Hitachi dan Toshiba juga telah mengmbangkan robot anti radiasi untuk digunakan di pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima, Jepang. Namun, Mitsubishi mengklaim tak ada robot lain yang mampu melakukan apa yang dapat dilakukan oleh Mitsubishi MEISTeR.

Robot Mitsubishi MEISTeR ini didesain agar tahan radiasi dan dibuat dari bahan khusus yang mampu menahan radiasi hingga tingkat tertentu. Robot Mitsubishi MEISTeR yang tingginya mencapai 1,3 meter ini memiliki 2 lengan yang mampu menahan beban hingga 15kg.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (12/12/2012), robot Mitsubishi MEISTeR ini digunakan untuk mendeteksi tingkat radiasi yang masih tersisa di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima, Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda