Scroll to Top

10 Makanan untuk Mengatasi Insomnia

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 13 Dec 2012

insomnia

Tidak bisa tidur malam itu menyiksa. Apalagi jika sulit tidur ini terjadi setiap hari, perkerjaan harian bisa kacau lantaran tubuh lesu dan susah berkonsentrasi. Bila Anda salah satu penderitanya, 10 makanan di bawah ini mungkin akan membantu untuk lebih mudah tertidur:

  1. Kacang-kacangan. Tingginya vitaminn B dalam kacang-kacangan, membantu menenangkan sistem saraf. Sehingga, tidur pun menjadi semakin mudah.
  2. Susu hangat. Kandungan triptofan, asam amino, dan kalsium memberikan efek penenang pada pikiran dan memudahkan otak memberikan perintah untuk tidur.
  3. Madu. Glukosa pada madu berguna untuk merangsang otak mematikan orexin. Orexin adalah sebuah neurotransmitter yang berkaitan dengan sikap kewaspadaan.
  4. Ceri. Buah ini dapat meningkatkan pasokan melatonin pada tubuh. Ceri juga mengandung antioksidan dan fitonutrien yang membantu untuk mendapatkan tidur malam yang baik.
  5. Popcorn. Popcorn merangsang  serotonin menginduksi neurotransmitterotak untuk rileks, yang membantu seseorang tertidur. Tapi hindari popcorn dengan mentega dan minyak.
  6. Almond. Kacang ini magnesium yang merangsang otot rileks dan mudah untuk tidur.
  7. Roti. Kandungan glikemik roti cukup tinggi, sehingga membuat mata mudah mengantuk. Anda bisa memakannya empat jam sebelum tidur. Tapi hindari makan makanan ini jika dalam masa program diet atau menghindari gula darah tinggi.
  8. Pisang. Pisang membantuk produksi melatonin, hormon yang merangsang untuk tidur dan relaksasi otot.
  9. Coklat hitam. Senyawa dalam coklat hitam dapat mengurangi hormon kortisol yang membuat stres di otak. Makan coklat hitam membuat pikiran lebih santai. Tapi, hindari memakannya sebelum tidur karena mengandung kafein yang bisa membuat Anda terjaga.
  10. Teh hijau. Minum teh hijau dapat membuat pikiran lebih rileks. Selain itu, teh hijau juga dikenal mencegah gejala sleep apnea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda