Scroll to Top

Real Madrid Musim Ini Yang Terburuk di Era Jose Mourinho?

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 14 Dec 2012

Real Madrid Musim Ini Yang Terburuk di Era Jose Mourinho?

Real Madrid musim ini terancam menjadi Real Madrid terburuk di era Jose Mourinho; jika dilihat dari banyaknya kekalahan yang diderita. Ya, sepanjang awal musim ini, Los Blancos sudah kalah enam kali. Jumlah ini, setara dengan jumlah kekalahan di musim pertama Jose Mourinho (2010-2011) dan lebih banyak daripada kekalahan musim lalu.

“Varane adalah seorang juara. Meskipun tengah cedera, ia bermain lebih baik daripada rekan-rekan yang tak cedera,” sebut Jose Mourinho pasca kekalahan Real Madrid dari tuan rumah Celta Vigo dengan skor 2-1 di leg pertama 16 besar Copa del Rey 2012/2013.

Ini adalah kekalahan keenam pasukan Jose Mourinho sepanjang awal musim. Sebelumnya, mereka sudah dibekap Barcelona (3-2), Getafe (2-1), Sevilla (1-0), Borussia Dortmund (2-1), dan Real Betis (1-0). Berbahaya, karena jumlah kekalahan sudah menembus angka enam.

Dan, musim lalu, ketika Real Madrid demikian superior, mereka cuma terdepak lima kali. Yaitu tiga kali oleh Barcelona (3-2, 3-1 dan 2-1 di Santiago Bernabeu), Levante (1-0), dan Bayern Munchen (2-1). Artinya, jika hanya melihat jumlah kekalahan, musim 2012-2013 lebih buruk daripada musim sebelumnya. Plus, setara dengan musim 2010-2011, musim pertama The Special One menangani klub.

Bukan lawan yang semakin berbahaya. Masalah dasar Real Madrid datang dari diri mereka sendiri. Jose Mourinho sudah beberapa kali memperingatkan para pemainnya yang kehilangan gereget. Setiap kali mereka loyo, setiap kali itu pula Los Blancos harus berjuang untuk meraih tiga angka.

Terakhir, The Special One berkata, “Seharusnya saya memilih (Alvaro) Morata. Meskipun ia masih muda, ia akan tampil penuh semangat daripada seseorang yang tidak berniat bermain dalam laga ini (melawan Celta Vigo). Cuaca dingin, hujan, dan cuma berlaga di Piala Raja …”

Banyak yang menduga bahwa pemain tersebut adalah Angel Di Maria. Sayap Los Blancos ini ditarik di menit 46 untuk digantikan oleh Mesut Ozil. Namun, secara keseluruhan, semangat pantang menyerah kubu Santiago Bernabeu memang mudah hilang musim ini. Mereka yang mencetak 121 gol di Liga Spanyol sepanjang musim lalu, seperti tak terlihat.

Masih ada banyak waktu untuk Jose Mourinho memperbaiki keadaan. Pria yang ahli memotivasi ini akan dituntut menghindari kekalahan ketujuh musim ini, sepanjang sisa kompetisi. Mampukah The Special One bekerja dalam tekanan berat kali ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda