Scroll to Top

Sebagian Orang Suka Menyeberang Jalan Sembari Berponsel

By Ilham Choirul / Published on Friday, 14 Dec 2012

menyeberang

Kehadiran ponsel membuat gaya hidup pemiliknya seringkali berubah. Ponsel seperti “teman sejati” yang harus dibawa ke mana pun pergi. Termasuk, memanfaatkan ponsel kerap dilakukan sembari menyeberang jalan. Padahal aksi seperti itu mengundang risiko kecelakaan.

Menurut sebuah studi yang dimuat jurnal Injury Prevention, ada sepertiga orang yang menyeberang jalan sambil mengoperasikan ponselnya. Dari 1.000 responden yang terlibat studi mengatakan, 10 persen dari mereka sering menyeberang sembari memainkan daftar lagu dari ponsel. Ada enam persen responden yang bertelepon saat menyeberang jalan, dan tujuh persen yang menulis pesan pendek.

Masing-masing aktivitas berponsel ini menimbulkan reaksi tersendiri kala menyeberang jalan. Mereka yang menulis pesan pendek sambil menyeberang, cenderung lebih lambat dua detik untuk tiba di tempat.  Sementara itu, pejalan kaki yang menyeberang sambil mendengarkan musik rata-rata lebih cepat tiba di tempat. Masalahnya, mereka cenderung lebih malas untuk menengok kanan-kiri sebelum menyeberang.

Menurut Kevin Clinton dari Royal Society for the Prevention of Accidents, keberadaan ponsel bisa mengganggu konsentrasi. Bagi penyeberang jalan, memakai ponsel bisa menjadi penyebab timbulnya kecelakaan.

“Menggunakan semua indera ketika berada di jalan sangat penting dan menggunakan telepon genggam tentu saja mengganggu perhatian. Amat penting untuk sadar penuh ketika berinteraksi dengan lalu lintas,” kata Clinton seperti dikutip BBC.

Peringatan untuk menjauhi penggunaan ponsel pada saat menjadi pengguna jalan tidak terbatas pada pejalan kaki saja. Pengemudi, pesepeda, dan semua yang menggunakan fasilitas umum ini sebaiknya tetap menjaga konsentrasinya dengan tidak terlalu lengah ketika menggunakan ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda