Scroll to Top

Kisah 10 Laga Fenomenal Timnas Indonesia

By Agus Prasetyo / Published on Saturday, 15 Dec 2012

Saat ini Timnas Indonesia memang sedang dirundung kabut kelam. Namun tidak ada salahnya, jika kita sedikit bernostalgia untuk mengenang laga-laga fenomenal yang pernah dilakoni skuad Garuda.

Berikut ini 10 kisah laga fenomenal yang pernah diikuti Timnas Indonesia mulai tahun 1938 hingga AFF Cup 2012.

Piala Dunia 1938

Pada piala dunia 1938 ini memang bukan diwakili Timnas Indonesia karena masih di bawah jajahan Hindia Belanda. Tapi Indonesia tetap bangga karena para pemain NIVU (Nederlandsche Indische Voetbal Unie) kebanyakan adalah orang pribumi.

Olimpiade 1956

Timnas Indonesia memang gagal meraih tropi juara di olimpiade Melbourne Australia 1956. Namun Timnas Indonesia besutan pelatih Toni Pogacknik (Yugoslavia), berhasil membuat prestasi dengan menahan imbang raksasa sepakbola dunia saat itu Uni Soviet.

Asian Games 1958

Pada ajang yang digelar di Tokyo ini, Timnas Indonesia berhasil meraih medali perunggu. Cukup berkesan dan sulit terlupakan, karena merupakan medali pertama Timnas Indonesia di ajang resmi turnamen Internasional.

SEA Games 1987

Bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Timnas Indonesia untuk pertama kalinya sukses menjadi juara SEA Games lewat gol tunggal Ribut Waidi ke gawang Malaysia di partai final.

SEA Games 1991

Untuk kedua kalinya, Timnas Indonesia berhasil meraih medali emas pada Sea Games di Manila Filipina. Di partai final Indonesia mengalahkan Thailand 4-3 melalui adu penalti.

Piala Asia 1996

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Timnas Indonesia berhasil lolos ke piala Asia. Tidak hanya itu, di laga perdana Timnas Indonesia sukses menahan imbang Kuwait 2-2.

Ketika itu Kuwait adalah pemegang juara piala Teluk. Dalam partai itu striker Widodo Cahyono Putra sukses menciptakan gol cantik yang dinobatkan sebagai gol terbaik Asia 1996.

Piala Asia 2004

Turnamen yang berlangsung di China ini merupakan kali ketiga Timnas Indonesia tampil di Piala Asia. Dan disinilah Timnas Indonesia mencatat kemenangan pertamanya di piala Asia dengan mengalahkan Qatar 2-1.

Piala AFF 2004

Yang paling mengesankan pada ajang ini tentunya saat menyingkirkan Malaysia di babak semifinal yang berlangsung seru dan dramatis.

Indonesia sempat kalah 2-1 pada leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, namun Timnas Indonesia membalikan keadaan untuk menang 4-1 di Bukit Jalil.

Piala Asia 2007

Timnas Indonesia meraih kemenangan keduanya di ajang piala Asia ketika mengalahkan Bahrain 2-1. Sayang Ivan Kolev gagal membawa Timnas Indonesia lolos ke babak selanjutnya.

Piala AFF 2012

Secara umum penampilan Timnas Indonesia kurang mengesankan di turnamen ini. Namun torehan sejarah tetap diperbuat oleh pasukan Nil Maizar dengan menaklukan Singapura di pertandingan kedua penyisihan grup.

Timnas Indonesia berhasil menghapus mimpi buruk dengan menaklukan Singapura, lewat 1 gol cantik Andik Vermansyah. Sayang kekalahan 0-2 dari Malaysia membenamkan harapan Indonesia untuk lolos ke semifinal.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda