Scroll to Top

Thailand Vs Singapura, Siapakah Menurut Anda Juara AFF Cup 2012?

By Agus Prasetyo / Published on Saturday, 15 Dec 2012

Pertandingan final AFF Cup 2012 akan mempertemukan Thailand Vs Singapura. Kedua tim ini akan melakoni pertandingan home & away untuk menentukan siapakah kelak negara yang pantas menyandang jawara di kawasan Asia Tenggara.

Jika tidak ada perubahan, sedianya laga final akan digelar 19 dan 22 Desember 2012. Thailand dan Singapura saat ini sama-sama menjadi pengoleksi gelar juara Piala AFF terbanyak, dengan 3 gelar.

Thailand berhasil mendulang tiga gelar juara AFF Cup pada kejuaran pertama pada tahun 1996, ketika turnamen ini masih bernama Tiger Cup. Gelar kedua pada tahun 2000 dan terakhir 2002.

Sementara itu Singapura sukses merebut gelar juara pertama mereka pada tahun 1998. Gelar kedua dan ketiga berhasil mereka rebut secara beruntun di tahun 2004 dan 2007.

Di AFF Cup 2012 ini, bermain di Grup A Thailand tampil sempurna di depan pendukungnya sendiri dengan menyamu bersih 3 pertandingan dengan kemenangan.

Memukul Filipina 2-1, Myanmar dilumat empat gol tanpa balas dan terakhir menundukan Vietnam 3-1.

Di semifinal leg pertama, Thailand sukses menahan Malaysia di Bukit Jalil 1-1. Thailand akhirnya mampu menyingkirkan Malaysia dengan skor 2-0 di leg kedua.

Sementara itu Singapura sempat terpeleset saat menghadapi Indonesia di laga Grup B. Gol Andik Vermansyah di penghujung laga, sempat membuat The Lions terancam tidak lolos.

Tapi setelah mengumpulkan 6 poin hasil menang 3-0 atas Malaysia dan 4-3 atas Laos, akhirnya Singapura bisa kembali melangkah ke semifinal.

Di laga semifinal menghadapi Filipina, Singapura sukses menahan tuan rumah tanpa gol. Pada leg kedua, Khairul Amri muncul sebagai penyelamat di Jalan Besar Stadium dengan keunggulan tipis ini 1-0.

Lantas siapakah yang menurut Pembaca Sidomi pantas keluar sebagai jawara AFF Cup 2012 tahun ini?

Head to head Singapura Vs Thailand

  • Piala Tiger 1996: Singapura 0-1 Thailand
  • Piala AFF 2007: Final Leg Pertama, Singapura 2-1 Thailand
  • Piala AFF 2001: Final Leg Kedua, Thailand 1-1 Singapura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda