Scroll to Top

18 Juta Android Bisa Terinfeksi Malware di Tahun 2013

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 15 Dec 2012

Android Malware

Diperkirakan 18 juta Android bisa terinfeksi malware di tahun 2013. Lookout Mobile Security di laman blog-nya mengingatkan bahaya yang mungkin dialami pengguna device ‘robot ijo’ ini di tahun depan.

Di tahun 2013 setidaknya akan ada 1,2 miliar perangkat mobile yang diburu oleh manusia di muka bumi. Jumlah ini jauh melebihi angka PC sebagai perangkat (internet) paling umum yang digunakan di dunia.

Platform mobile akan terus berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi. Diperkirakan pengguna mobile akan mengunduh hingga 70 miliar aplikasi hingga tahun 2014.

Secara global Lookout Mobile Security memrediksi akan ada 18 juta pengguna Android yang mungkin terinfeksi malware di awal tahun 2012 hingga akhir 2013. Tak hanya itu saja aksi ‘penipuan’ dengan pelbagai modus juga semakin menggelora di perangkat mobile.

Aksi ini sebagai strategi monetisasi kreator malware guna menjaring korban pengguna smartphone. Lookout Mobile Security juga mencermati soal spam. Bahkan angkanya semakin meningkat dan berpotensi menjadi ancaman.

Pengguna diharap waspada akan ancaman ini. Lookout Mobile Security menyarankan agar selalu berhati-hati dan bertindak khususnya tatkala berhubungan dengan aplikasi yang terhubung dengan koneksi internet.

Langkah paling sederhana adalah dengan memeriksa alamat URL dan mencermati hak akses tiap aplikasi. Langkah lain dengan mematikan fitur WiFi dan Bluetooth bilamana tak diperlukan.

Dan yang terakhir adalah perbarui tiap kali ada aplikasi maupun OS yang dirilis. Dan tak lupa installah aplikasi keamanan untuk menangkal spyware dan malware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda