mendengkur

Mendengkur kerap menjadi masalah. Sebab, mendengkur bisa menyebabkan orang-orang di sekitar menjadi terganggu tidurnya karena berisiknya suara dengkuran. Ada baiknya, Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi kebiasaan tersebut. Atau, bisa juga Anda mencoba salah satu satu atau beberapa tips berikut ini yang sesuai dengan kondisi Anda:

  1. Tidur menyamping. Posisi tidur ini membuat tenggorokan dalam posisi lebih rilek dan melegakan jalan napas.
  2. Menurunkan berat badan. Saat badan mengalami kegemukan, terjadi penyempitan jalan napas di leher yang menyebabkan interaksi antar jaringan. Hingga akhirnya, gesekan tersebut menyebabkan bunyi dengkuran. Jadi pertahankan berat badan dalam kondisi ideal.
  3. Hindari alkohol dan obat penenang.  Keduanya mempengaruhi jalan napas yang memberikan kontribusi untuk mendengkur kalau dikonsumsi.
  4. Tambahkan bantal saat tidur. Posisi seperti ini membuat kepala terlalu tinggi dibanding dada. Jalan napas menjadi terbuka dan santai, sehingga menghindari dengkuran.
  5. Berhenti merokok. Rokok menyebabkan tubuh berkurang kemampuannya dalam menyerap oksigen. Saluran napas agak tersumbat sehingga menyebabkan dengkuran.
  6. Mengatur waktu tidur. Kekurangan jam tidur malam membuat tubuh berjalan kurang harmonis. Salah satu efeknya adalah menimbulkan dengkuran.
  7. Berolahraga. Dengan berolahraga akan memperkuat otot, meningkatkan detak jantung, dan melancarkan sirulasi darah. Berolahraga 30 menit setiap hari akan meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi dengkuran.
  8. Cukup minum air. Banyak minum air membuat lendir di tenggorokan dan hidung berkurang. Lendir lengket  ini bisa memicu dengkuran jika dibiarkan.
  9. Membersihkan rongga hidung. Hidung yang tersumbat membuat Anda memanfaatkan mulut untuk bernapas. Bersihkan hidung Anda agar jalan napas menjadi lancar.
  10. Mengatur waktu makan. Usahakan untuk makan maksimal dua jam sebelum tidur malam agar jalannya pencernaan menjadi lancar. Efeknya, tidur Anda semakin nyenyak dan mengurangi suara dengkuran