Scroll to Top

Internet Explorer: Celah Keamanan Mungkinkan Hacker Lacak Gerakan Mouse Pengguna

By Ditya / Published on Sunday, 16 Dec 2012

IE 8

Sebuah celah keamanan di browser Internet Explorer besutan Microsoft kembali ditemukan. Celah kemanan yang ditemukan kali ini memungkinkan hacker atau penyerang untuk melakukan tracking atau melacak pergerakan mouse pengguna.

Browser Internet Explorer besutan raksasa perangkat lunak asal Redmond ini kembali ditemukan celah keamanan yang memungkinkan hacker untuk melacak pergerakan mouse pengguna. Celah keamanan ini ditemukan oleh Spider.io, sebuah perusahaan analisis web.

Spider.io juga menambahkan bahwa celah keamanan ini terdapat pada browser Internet Explorer versi 6 hingga Internet Explorer versi terbaru, yakni versi 10. Parahnya lagi, celah keamanan ini memungkinkan hacker melacak pergerakan mouse pengguna meski jendela browser Internet Explorer diminimalkan atau minimize.

Tracking pergerakan mouse oleh hacker ini sama berbahayanya dengan keylogger yang merekam seluruh input dari keyboard yang dilakukan pengguna. Tracking gerakan mouse dapat digunakan untuk mengungkapkan data sensitif pengguna ketika menggunakan keyboard virtual.

Selama ini solusi keyboard virtual menjadi andalan pengguna untuk mencegah aksi keylogger yang merekam input data melalui keyboard. Namun, celah keamanan dari browser Internet Explorer ini membuat keyboard virtual menjadi tidak aman lagi.

Seperti yang dilansir dari Mashable (14/12/2012), Microsoft sebenarnya telah menyadari celah keamanan Internet Explorer ini pada bulan Oktober lalu. Sayangnya, hingga saat ini tak ada rencana Microsoft untuk menambal celah tersebut.

Sebaiknya pengguna browser Internet Explorer beralih menggunakan browser lain yang lebih aman untuk menghindari serangan hacker yang memanfaatkan celah keamanan yang telah ditemukan hingga Microsoft merilis patch untuk memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda