Scroll to Top

Piala Dunia Antar Klub: Corinthians Susul Jejak Barcelona

By Wan Faizal / Published on Sunday, 16 Dec 2012

Corinthians

Keberhasilan Corinthians menjuarai Piala Dunia Antar Klub 2012 dengan mengalahkan Chelsea 1-0 di partai final membawa mereka menyamai kesuksesan Barcelona di ajang yang sama. Sebelum wasit meniup peluit tanda akhir pertandingan Corinthians vs Chelsea tadi, Barcelona merupakan satu-satunya klub yang dua kali menjuarai Piala Dunia Antar Klub yang dimulai pada tahun 2000 silam.

Turnamen Club World Cup pertama kali digelar di Brazil pada tahun 2000 dimana pada tahun tersebut juga digelar Intercontinental Cup. Pada gelaran perdana tersebut, Corinthians keluar sebagai juara setelah mengalahkan Vasco da Gama di babak adu penalti dengan skor 4-3.

Sempat vakum selama beberapa tahun, gelaran prestisius itu digelar lagi pada 2005 dan berlangsung hingga sekarang. Awalnya, wakil Amerika Selatan cukup mendominasi dengan menjuarai gelaran tahun 2005 dan 2006 yang diwakili oleh Sao Paulo dan Internacional.

Barcelona sendiri baru menjuarai Club World Cup pertama kalinya pada 2009. Saat itu, mereka mengalahkan Estudiantes dengan skor 2-1 setelah melewati perpanjangan waktu lewat gol Pedro Rodriguez dan Lionel Messi.

Gelar kedua Barcelona hadir tahun lalu saat mereka menghajar Santos bersama Neymar-nya dengan skor telak 4-0. Empat gol Blaugrana kala itu disumbang oleh Xavi Hernandez, Cesc Fabregas, serta dua gol dari Messi.

Total, dari sembilan turnamen yang telah digelar, wakil Eropa masih mendominasi dengan meraih lima gelar juara. Sedangkan sisanya disabet oleh tim-tim dari Amerika Selatan. Wakil Asia, Afrika, dan zona lainnya selama ini hanya bisa berperan sebagai pemanis turnamen.

Berikut adalah daftar peraih gelar FIFA Club World Cup:

  • 2000: Corinthians (Corinthians 4-3 Vasco da Gama)
  • 2005: Sao Paulo (Sao Paulo 1-0 Liverpool)
  • 2006: Internacional (Internacional 1-0 Barcelona)
  • 2007: AC Milan (AC Milan 4-2 Boca Juniors)
  • 2008: Manchester United (Manchester United 1-0 LDU Quito)
  • 2009: Barcelona (Barcelona 2-1 Estudiantes)
  • 2010: Inter Milan (Inter Milan 3-0 TP Mazembe)
  • 2011: Barcelona (Barcelona 4-0 Santos)
  • 2012: Corinthians (Corinthians 1-0 Chelsea)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda