Scroll to Top

F1 : Romain Grosjean Juara Race of Champions 2012

By Rheza Fadhlillah / Published on Monday, 17 Dec 2012

Romain Grosjean - Race of Champion Winner 2012

Kompetisi balap tahunan yang diikuti oleh pembalap-pembalap handal kelas dunia dari berbagai ajang balap bertajuk Race of Champions 2012 yang digelar di Rajamangala Stadium, Bangkok, berakhir dengan keluarnya Romain Grosjean sebagai pemenang kompetisi tersebut.

Grosjean sukses menyingkirkan Sebastian Vettel di babak perempat final dan Michael Schumacher di semifinal, sekaligus sukses menjuarai event tersebut setelah mengalahkan legenda balap Le Mans, Tom Kristensen di babak final.

Pada lomba yang digelar dalam format turnamen, para pembalap diharuskan saling mengalahkan satu sama lain melalui duel di sirkuit tidak permanen yang dibangun di atas stadium.

Schumacher dan kompatriotnya, Vettel, tampil sempurna tidak terkalahkan pada babak kualifikasi yang menerapkan sistem round robin. Sebaliknya Grosjean malah menelan satu kekalahan yakni dari Schumacher di penyisihan grup D.

Kebangkitan mulai ditunjukkan Grosjean setelah berhasil mengalahkan Vettel di babak perempat final. Vettel harus menelan kekalahan pahit setelah mobil KTM X-bow yang ia kendarai menabrak tembok dan mengalami patah suspensi.

Pada babak semi final, Grosjean kembali harus menghadapi Schumacher yang sebelumnya sukses menyingkirkan legenda MotoGP, Mick Doohan. Kali ini Grosjean lah yang berhasil keluar sebagai pemenang.

Grosjean melanjutkan langkahnya ke final untuk bertemu dengan Kristensen yang sukses menaklukan mantan pembalap F1, David Coulthard. Kristensen dibuat tidak berdaya oleh Grosjean pada babak ini sehingga pembalap perancis tersebut berhak keluar sebagai juara.

Tim Germany Race of Champions Nation 2012

Grosjean menjadi pembalap asal perancis keempat yang berhasil menjuarai kompetisi Race of Champion setelah Sebastian Ogier, Sebastian Loeb, dan Didier Auriol.

Di hari sebelumnya, Schumacher dan Vettel sukses membawa Jerman menjuarai Race of Champion kategori negara.  Mereka mengalahkan tim Prancis yang diwakilkan oleh Sebastian Ogier dan Romain Grosjean. Kemenangan tersebut menjadi kemenangan keenam secara beruntun tim Jerman di kompetisi Race of Champions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda