Lionel Messi 194 Gol Top Skor Barcelona di Liga Spanyol

Lionel Messi musim lalu sudah memastikan sebagai top skor Barcelona sepanjang masa. Namun, urusan mencetak gol khusus di Liga Spanyol, ia masih tertinggal dengan Cesar Rodriguez. Maka, musim 2012-2013 ini, dalam sekejap mata, King Leo mampu menjaringkan 25 gol dalam 16 pertandingan La Liga. Jadilah Si Nomor 10 Barca menyerobot posisi Cesar Rodriguez sebagai top skor klub di Liga Spanyol.

194 gol. 163 di antaranya dicetak dalam lima musim terakhir. Demikianlah torehan Lionel Messi di Liga Spanyol. Ia bagaikan badai yang menyapu segalanya. Rekor demi rekor terpecahkan, termasuk urusan top skor Barcelona khusus di kompetisi domestik. Catatan Cesar Rodriguez (192 gol) yang sudah bertahan selama 57 tahun dilewati dengan mudah.

Dan ini belum berakhir. Jika melihat produktivitas gol Messi terutama dalam dua musim terakhir —mencetak 75 gol hanya dalam 53 pertandingan— kita mungkin bisa melihatnya mengoleksi lebih dari 600 gol hanya di Liga Spanyol saja.

Bagaimana tidak? Lihatlah angka 25 yang sudah dikemasnya. Ini sudah setengah dari jumlah golnya di La Liga musim lalu (50). Padahal, laga yang dijalani baru 43% saja dibandingkan laga Messi sepanjang musim 2011-2012.

Pertanyaan yang mungkin muncul, dengan melihat kesuburannya saat ini, bukanlah mampu atau tidaknya Messi meraih 50 gol seperti musim lalu. Akan tetapi, berapa gol yang akan dibuatnya di kompetisi domestik. 60 atau 70? Apalagi setelah Barca ditekuk Celtic 2-1, King Leo tak bisa berhenti mencetak 2 gol dalam satu pertandingan; kala menjadi starter.

Khusus untuk top skor Barcelona di Liga Spanyol, King Leo sangat spesial. Cuma ada empat orang yang mampu menembus catatan 100 gol untuk Barca. Selain Cesar Rodriguez (192) ada Laszlo Kubala (131 gol) dan Samuel Eto’o (108 gol).

Jika top skor di seluruh kompetisi sudah dipegang, pencetak gol terbanyak di La Liga juga ada digenggam tangan, apa yang masih kurang dari Messi? Ia bisa membidik tip skor Barcelona di ajang Copa del Rey. Untuk urusan ini, King Leo masih jauh dari Josep Samitier yang melesakkan 65 gol.

Saat ini, khusus di Piala Raja, koleksi gol Papa Leo masih berkutat di angka 22. Ini tak terlepas dari tak dipasangnya Messi ketika menghadapi tim-tim lemah di babak 32 besar. Apalagi, saat ini, total maksimal laga yang dijalani sebuah klub Primera Division di Copa del Rey, hanyalah 9 pertandingan.