Scroll to Top

Instagram Sempat Ditawar Twitter Rp 5 Triliun Sebelum Diakuisisi FB

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 18 Dec 2012

Twitter Instagram

Siapa menduga jika Instagram sempat ditawar Twitter Rp 5 triliun sebelum diakuisisi FB. Apakah Kevin Systrom menolak tawaran ini sebab hanya setengah dari nilai tawar Facebook?

Sebagaimana diketahui jika Facebook mengakuisisi Instagram di angka 1 miliar dollar atau hampir Rp 10 triliun. Namun akibat saham FB yang terus anjlok kala itu nilai nominal ini turun hingga USD 715 juta.

Kabar penawaran Twitter ini terkuak di publik berdasarkan keterangan Nick Bilton dari The New York Times. Bahkan rumor yang beredar jika bulan Maret lalu Kevin Systrom telah setuju menjual Instagram ke Twitter di angka USD 525 juta.

Akhirnya Facebook mengakuisisi Instagram beberapa minggu kemudian sebelum FB turun melantai bursa. Sedangkan pelunasan akuisisi terjadi pada bulan September di angka USD 715 juta akibat turunnya harga saham kala itu.

Munculnya kabar ini tentu saja bertolak belakang dengan keterangan Kevin Systrom pada Departemen Korporasi California. Kala itu ia mengaku jika Instagram tak pernah mendapat penawaran lain selain dari Facebook.

CEO Instagram berujar demikian agar proses akuisisi Facebook bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Kevin Systrom sendiri menurut Nick Bilton tak pernah bertemu dengan fihak Twitter di tempat resmi. Ia memilih di lokasi santai dan rileks, restoran misalnya.

Jika kabar ini benar maka terjawab sudah mengapa hubungan antara Twitter dan Instagram semakin tak harmonis akhir-akhir ini. Awal bulan ini misalnya, Instagram tak lagi mengizinkan fotonya tampil di Twitter. Pun juga sebaliknya, Twitter pun merilis fitur tandingan untuk menyaingi Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda