Scroll to Top

Christopher Chaney, Peretas Foto Bugil Scarlett Johansson Dihukum 10 Tahun Penjara

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 18 Dec 2012

Christopher Chaney

Christopher Chaney, sosok dibalik peretasan foto bugil Scarlett Johansson akhirnya dihukum 10 tahun penjara. Ia juga didakwa meretas 50 akun email termasuk milik Mila Kunis, Renee Olstead, dan lainnya.

Sebelumnya peretas berusia 35 tahun asal Florida, Amerika Serikat ini terancam 60 tahun penjara dengan merima sembilan tuntuan. Salah satu tuntutan tersebut adalah mengakses komputer dan penyadapan secara ilegal.

Christopher Chaney sendiri mengaku bersalah atas tindakanya tersebut. Selain hukuman kurungan 10 tahun penjara ia juga wajib membayar denda USD 66 ribu atau sekitar Rp 637 juta.

Dalam persidangan ia mengaku telah meretas lebih dari 50 akun selebritis. Selain Mila Kunis, Renee Olstead, dan Scarlett Johansson, Christopher Chaney juga mengaku meretas akun Christina Aguilera.

Lantas bagaimana cara atau langkah Christopher Chaney dalam meretas beberapa akun selebritis tersebut? Ternyata sangat sepele. Mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Christopher Chaney mengaku jika ia meretas targetnya hanya dengan memanfaatkan fitur forget password. Setelah fitur ‘lupa’ tersebut muncul, maka selanjutnya hanya menjawab secreat question yang ia gali dari informasi dan data selebriti terkait.

Bahkan Christopher Chaney menelusuri pelbagai kontak selebritis lainnya untuk dijadikan korban selanjutnya. Setelah akun korban berhasil diretas, maka segala konten didalamnya termasuk foto bugil (Scarlett Johansson) disebar ke situs-situs gosip di internet.

Scarlett Johansson sendiri mengaku jika foto-foto tersebut ditujukan untuk suaminya. Dengan demikian ia memang sengaja mengambil gambar tanpa sehelai benang pun tersebut.

Peratasan akun selebriti bukan satu dua kali terjadi. Berkali-kali kasus ini terjadi dan banyak selebriti hollywood yang menjadi korban. Kita bisa belajar dari kasus peretasan akun selebriti tersebut. Apa yang harus dihindari dan bagaimana cara mengantisipasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda