Scroll to Top

Lionel Messi Sendirian Mengalahkan 61 Klub Liga Elite Eropa

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 19 Dec 2012

Lionel Messi Sendirian Mengalahkan 61 Klub Liga Elite Eropa

Lionel Messi menjadi top skor Liga Spanyol dengan 25 gol dalam 16 pertandingan. Angka menakjubkan yang membuat Radamel Falcao dan Cristiano Ronaldo, dua bomber tersubur La Liga, seperti berada di bawah kelas seorang King Leo. Tidak hanya itu. Jika kita melihat lima liga elite Eropa (Liga Italia, Liga inggris, Liga Spanyol, Liga Prancis, dan Liga Jerman), akan terlihat bahwa jumlah gol Si Nomor 10 Barcelona mengalahkan jumlah gol 61 klub di lima liga teratas Eropa tersebut.

Lionel Messi mencetak gol yang lebih banyak daripada Liverpool, salah satu tim elite di Liga Inggris. Namun, kehebatan King Leo tidak berhenti sampai di sana. Banyak klub di liga-liga elite Eropa ternyata ‘lebih miskin’ jumlah golnya daripada seorang Messi. Bandingkan saja jumlah gol Si Nomor 10 dengan klub-klub di Primera Division Liga Spanyol.

Hanya ada lima klub yang mencetak gol lebih banyak daripada Messi. Selain Barcelona (jika dikurangi jumlah gol Messi, Barca mencetak 29 gol), ada Real Madrid (39 gol) dan Atletico Madrid (36 gol). Malaga dan Real Betis, dua klub yang bersaing untuk tiket terakhir ke Liga Champions, meraih jumlah gol yang setara Messi (25 gol). Artiinya, ada 15 klub La Liga yang lebih buruk produktivitasnya daripada King Leo.

Di Liga Inggris yang disebut sebagai liga paling populer di dunia, ada 12 klub yang lebih rendah jumlah golnya daripada Sang Messiah. Selain Liverpool (23 gol) masih ada sederetan nama lain seperti Stoke City atau Queens Park Rangers (15 gol).

Di Liga Italia, ada 11 klub yang jumlah golnya tak bisa selevel Messi. Termasuk di antaranya adalah Sampdoria (20 gol), Parma (23 gol), dan yang tersedikit si peringkat 18, Pescara (13 gol).

Liga Jerman, memiliki klub tersedikit di antara lima liga elite Eropa urusan bersaing dengan Lionel Messi. Hanya ada 10 klub yang lebih sedikit golnya daripada Si Nomor 10 Argentina. Merentang dari Freiburg (24 gol) hingga si peringkat buncit Greuther Furth (11 gol). Tak boleh ketinggalan, Liga Prancis. Di liga ini ada 13 klub yang di bawah Messi. Tersedikit adalah Nancy (13 gol).

Produktivitas Messi sendiri terus meningkat dari musim ke musim. Saat ini, ia mencetak setengah dari total golnya musim lalu di Liga Spanyol, ketika La Liga masih menyisakan 22 pekan lagi. Kesuburan King Leo, membuat kita seakan-akan bisa mendirikan sebuah klub sepakbola hanya dengan Messi seorang. Alias, Messi FC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda